Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2024, 20:11 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi menjadi salah satu tempat paling kotor di rumah. Sebab, kamar mandi merupakan lingkungan yang lembap, sehingga sering ditumbuhi jamur dan lumut yang berpotensi menyebabkan penyakit. 

Kamar mandi juga merupakan lingkungan basah, sehingga cenderung menahan bau lebih lama dibandingkan ruangan lain di rumah. 

Baca juga: Seberapa Sering Kamar Mandi Harus Dibersihkan?

Maka dari itu, kamar mandi perlu rutin dibersihkan agar terhindar dari kotoran dan bau tak sedap. Lantas, seberapa sering kamar mandi perlu dibersihkan

Dikutip dari Southern Living, Rabu (27/3/2024), simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Seberapa sering kamar mandi harus dibersihkan?

Ilustrasi membersihkan kloset.Shutterstock/Gumbariya Ilustrasi membersihkan kloset.

Kamar mandi menjadi tempat ideal bagi jamur dan lumut untuk tumbuh. Maka dari itu, kamar mandi perlu rutin dibersihkan, setidaknya seminggu sekali. 

Sara San Angelo, pendiri Confessions of a Cleaning Lady di Charleston, Carolina Selatan, menyarankan untuk menggunakan larutan pembersih dan diamkan di atas jamur atau lumut setidaknya selama 20 menit. 

Baca juga: 5 Aturan Membersihkan Kamar Mandi tanpa Jendela

Sambil menunggu, bersihkan bagian lain terlebih dahulu. Larutan pemutih juga bisa digunakan, akan tetapi cuka putih sebenarnya lebih efektif untuk membunuh jamur karena bisa meresap ke dalam pori-pori nat dan membunuh jamur serta lumut sampai ke akarnya. 

San Angelo juga menyarankan untuk meletakkan botol semprot berisi larutan cuka di kamar mandi agar bisa digunakan setiap selesai mandi untuk mencegah jamur. 

Sementara itu, Taylor Matthews, pemilik Sparkling Queens, menyarankan untuk membersihkan pancuran air setiap hari jika airnya sadar karena air pancuran bisa mengerak di permukaan kamar mandi. 

Baca juga: 5 Langkah Membersihkan Kamar Mandi, Mudah dan Cepat

Sedangkan tirai kamar mandi berbahan kain bisa dicuci setiap beberapa bulan dengan air hangat atau panas. Untuk tirai dari plastik harus diganti segera setelah terlihat jamur atau lumut. 

Selain itu, setiap bagian kamar mandi memiliki waktu yang berbeda untuk dibersihkan. Berikut penjelasannya.

  • Membersihkan cermin dan wastafel

Menurut Sara San Angelo, pendiri Confessions of a Cleaning Lady di Charleston, Carolina Selatan, mengatakan cermin bisa dibersihkan sesuai kebutuhan. 

Jika kamar mandi jarang digunakan, mungkin cermin tidak terlalu kotor, sehingga tidak perlu terlalu sering dibersihkan. Namun, jika kamar mandi sering digunakan, dan cermin sudah tidak bisa menampilkan bayangan dengan jelas, maka artinya cermin perlu segera dibersihkan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Cermin Kamar Mandi dengan Cuka

Cermin kamar mandi perlu dibersihkan menggunakan larutan cuka dan air dengan perbandingan yang sama. Celupkan kain mikrofiber pada larutan tersebut, lalu gunakan untuk mengelap seluruh bagian cermin. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com