Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2021, 09:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu elemen dari mesin cuci yang membantu proses pengeringan pakaian adalan tabung pengering. Dengan pengering, pakaian tidak berbau karena dibantu mengering dengan waktu yang singkat.

Namun, terkadang ada satu masalah yang sering terjadi pada pengering, yakni kebocoran.

Dilansir dari Hunker, Rabu (10/2/2021), pengering pakaian bisa bocor karena sistem pembuangannya tersumbat atau ventilasinya tidak benar. Kedua masalah tersebut dapat menyebabkan terbentuknya kondensasi di dalam tabung atau air menetes dari ventilasi eksternal pengering.

Baca juga: Bolehkah Mencuci Bantal dengan Mesin Cuci? Ini Penjelasannya

Jika Anda menemukan bahwa pengering Anda bocor, hentikan penggunaan sampai Anda dapat mengatasi masalah untuk menghindari kerusakan pengering dan harus membayar biaya perbaikan yang besar untuk mendapatkan perbaikan profesional.

1. Sistem pembuangan tersumbat

Pengering harus mengeluarkan udara panas yang tidak diinginkan dari drum untuk menjaga suhu operasi yang konstan agar pakaian kering atau pengering akan terlalu panas.

Pengering melepaskan udara panas dari drum melalui kerah ventilasi di mana ia turun ke saluran sampai akhirnya mencapai ventilasi eksternal di mana biasanya disalurkan ke luar ruangan.

Udara panas mengandung sejumlah besar kelembaban dan sedikit serat, yang dapat tertinggal di sistem pembuangan pengering saat pengering bekerja.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Cuci Setelah Mencuci Pakaian Orang Sakit

Kedua elemen ini dapat membentuk pasta lengket di saluran yang akan menghalangi aliran udara jika sistem pembuangan tidak dibersihkan secara teratur.

Semakin besar penyumbatan, semakin besar kemungkinan pengering Anda akan membocorkan air yang kembali ke pengering dari sistem pembuangan. Bersihkan sistem pembuangan pengering Anda setidaknya sekali setahun dan kapan pun mulai bocor.

2. Tekukan pada saluran pengering

Jika sistem pembuangan pengering Anda tidak dikonfigurasi dengan benar, ventilasi akan terganggu dan dapat menyebabkan kondensasi menumpuk di saluran.

Saluran sistem pembuangan harus lurus dan horizontal sehingga udara dapat menyebar secara efisien begitu masuk.

Semakin banyak tekukan dan belokan di saluran pengering, semakin banyak tempat di mana kelembaban dan serat dapat terkumpul dan membuat penghalang. Setiap kali ada penyumbatan di sistem pembuangan pengering, Anda dapat melihat kondensasi di drum atau air bocor dari ventilasi luar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com