Kompas.com - 11/05/2021, 23:49 WIB
Penyanyi Bunga Citra Lestari sedang tertawa saat kucing peliharaannya menjilati pipinya. Hasil tangkap layar Instagram Bunga Citra LestariPenyanyi Bunga Citra Lestari sedang tertawa saat kucing peliharaannya menjilati pipinya.

JAKARTA, KOMPAS.com--Tingkah laku kucing seringkali mengundang tanya. Salah satunya adalah kebiasaan Si Meong menjilati pemiliknya, seperti yang dialami Bunga Citra Lestari.

Dalam unggahannya di Istagram Storynya, kucing milik penyanyi yang karib disapa BCL itu tampak sedang menjilati pipinya.

Sambil menahan geli, Bunga yang sedang bersantai pun memilih pasrah dan membiarkan kucing belang berwarna abu-abu itu menjilati pipinya.

Mengapa kucing melakukan ini? Apa yang sedang ingin kucing sampaikan pada kita? Berikut penjelasan yang dilansir dari Catster, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Kucing Peliharaan Suka Menggigit, Tanda Kasih Sayang?

1. Sebagai sarana ikatan sosial

Kucing menjilati pemiliknya .Hasil tangkap layat dari Catster Kucing menjilati pemiliknya .

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah pertama dalam menjawab "Mengapa kucing menjilati pemiliknya?" adalah mengetahui bahwa anak kucing saling merawat, dan kucing yang lebih tua yang tidak berhubungan tetapi rukun juga menghabiskan waktu untuk merawat satu sama lain.

Seringkali, mereka akan menemui titik-titik yang sulit dijangkau oleh kucing sendiri, seperti bagian atas kepala dan di dalam telinga.

Saling bertukar aroma melalui perawatan juga meningkatkan ikatan antara sepasang kucing.

Hal yang sama juga sedang kucing lakukan kepadamu. Jadi kucing mungkin sedang ingin menjalin ikatan denganmu.

Baca juga: Cara Menangani dan Menyembuhkan Kucing Flu di Rumah

2. Memberi pujian

Jilatan kucing juga indikasi bahwa dia merasa benar-benar aman bersamamu. Selain itu kucing juga sudah menganggap kamu adalah anggota keluarganya, dan dia memperkuatnya dengan membersihkan kamu seperti ibunya membersihkannya ketika dia masih kecil dahulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Catster
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X