Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Kucing Suka Menjilati Pemiliknya

JAKARTA, KOMPAS.com--Tingkah laku kucing seringkali mengundang tanya. Salah satunya adalah kebiasaan Si Meong menjilati pemiliknya, seperti yang dialami Bunga Citra Lestari.

Dalam unggahannya di Istagram Storynya, kucing milik penyanyi yang karib disapa BCL itu tampak sedang menjilati pipinya.

Sambil menahan geli, Bunga yang sedang bersantai pun memilih pasrah dan membiarkan kucing belang berwarna abu-abu itu menjilati pipinya.

Mengapa kucing melakukan ini? Apa yang sedang ingin kucing sampaikan pada kita? Berikut penjelasan yang dilansir dari Catster, Selasa (11/5/2021).

Langkah pertama dalam menjawab "Mengapa kucing menjilati pemiliknya?" adalah mengetahui bahwa anak kucing saling merawat, dan kucing yang lebih tua yang tidak berhubungan tetapi rukun juga menghabiskan waktu untuk merawat satu sama lain.

Seringkali, mereka akan menemui titik-titik yang sulit dijangkau oleh kucing sendiri, seperti bagian atas kepala dan di dalam telinga.

Saling bertukar aroma melalui perawatan juga meningkatkan ikatan antara sepasang kucing.

Hal yang sama juga sedang kucing lakukan kepadamu. Jadi kucing mungkin sedang ingin menjalin ikatan denganmu.

2. Memberi pujian

Jilatan kucing juga indikasi bahwa dia merasa benar-benar aman bersamamu. Selain itu kucing juga sudah menganggap kamu adalah anggota keluarganya, dan dia memperkuatnya dengan membersihkan kamu seperti ibunya membersihkannya ketika dia masih kecil dahulu.

Beberapa kucing menjadi sangat stres sehingga mereka mulai menjilati secara kompulsif. (Salah satu kondisi misterius disebut hiperestesia kucing.)

Kucing yang menjilati dirinya sendiri sampai botak sering kali berusaha menghibur diri sendiri karena stres.

Kucing kompulsif lainnya mungkin menjilat dan menghisap kain, plastik, atau bahkan kulitmu. 

Untuk itu, kenali tanda-tandanya dan segera bawa kucing ke dokter hewan agar segera ditangani.

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa kucing suka menjilati manusia, pertanyaan lanjutan kemudian muncul, berikut beberapa diantaranya:

  • Mengapa lidah kucing sangat kasar?

Lidah kucing terasa sangat kasar karena dilapisi papila yakni, kait menghadap ke belakang yang terbuat dari keratin, bahan yang sama yang membuat cakar kucing.

Papila membantu kucing mengelupas daging dari tulang, dan mereka juga membantu perawatan dengan bertindak seperti sisir untuk mencabut bulu dan kotoran yang lepas.

  • Bagaimana menghentikan kucing yang suka menjilat?

Pelajari tanda-tanda kucing akan mulai menjilati. Sebelum dia mulai menjilati lenganmu, alihkan perhatiannya dengan mainan.

Jika kucing menyukai catnip, selipkan mainan berisi catnip di depannya saat dia akan menjilatimu. Jika dia bukan penggemar catnip, cobalah memberi camilan.

  • Bersabarlah saat kucing menjilatimu

Tidaklah mudah untuk melatih kembali kucing yang sudah terbiasa melakukan perilaku kebiasaan seperti menjilati.

Ingatlah untuk tetap lembut dan jangan membentak mereka atau memberi reaksi fisik yang kasar seperti mendorong kucing atau melemparkannya dari pangkuanmu. Dan jangan pernah memukul kucing.

Bersabarlah menghadapi perilaku ini dan coba pelan-pelan untuk mengubahnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/11/234916076/alasan-kucing-suka-menjilati-pemiliknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke