Kompas.com - 10/05/2021, 19:01 WIB
Ilustrasi kucing menggigit. SHUTTERSTOCK/KOLDUNOV ALAXEYIlustrasi kucing menggigit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang memelihara kucing pasti memahami bahwa ia kerap menggigit anggota tubuh Anda, seperti misalnya kucing menggigit kaki atau tangan. Namun, gigitan ini tidak menyebabkan luka.

Gigitan kucing yang tidak membahayakan ini seringkali disebut dengan love bite atau gigitan cinta kasih sayang. Namun demikian, apa betul kucing suka menggigit berarti menunjukkan kasih sayangnya pada kita?

Dikutip dari Catster, Senin (10/5/2021), menurut Jackson Galaxy, ahli perilaku kucing, gigitan cinta kucing berarti kucing Anda terlalu terstimulasi.

Baca juga: Tidak Buruk, Ini Alasan Mengapa Kucing Menggaruk Furnitur

"Ini disebut stimulasi berlebihan yang diinduksi oleh belaian. Reseptor folikel rambut pada kucing hanya bisa dibelai begitu banyak sebelum sakit," jelas Galaxy.

Namun demikian, gigitan cinta kucing juga tidak hanya karena ia terstimulasi secara berlebihan.

Dokter hewan Karen Becker menyatakan, kucing menggigit juga mengingatkan pada cara kucing dan anak kucing berinteraksi satu sama lain. Ini adalah bentuk lain dari gigitan cinta kucing, tetapi bukan karena terlalu banyak rangsangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kucing Anda hanya sedang bermain-main dan menggunakan keterampilan komunikasi nonverbal untuk memberi tahu Anda bahwa dia membutuhkan perhatian.

Baca juga: 6 Cara Menjinakkan Kucing Liar

Agresivitas juga bisa menjadi penyebab kucing menggigit Anda. Kondisi ini kerap terjadi pada anak kucing.

Kebanyakan anak kucing bermain kasar. Permainan anak kucing tidak hanya sebagai bentuk ikatan sosial, tetapi juga mempersiapkanny untuk menjadi kucing dewasa.

Serangan tiruan menguntit dan berburu memberi jalan untuk menerkam dan menggigit. Gigitan kucing dapat terjadi saat anak kucing bermain agresif dengan Anda, terutama jika anak kucing tidak memiliki teman bermain, yakni kucing lain.

Anda dapat mengetahui perbedaan antara waktu bermain agresif dan agresi nyata pada kucing dengan memperhatikan kucing Anda. Jika dia tidak menggeram atau mendesis, kegembiraannya (bukan kegelisahan), meningkat.

Halaman:


Sumber Catster
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X