Kompas.com - 10/05/2021, 18:22 WIB
Menyiram cairan sabun untuk membasmi ulat. PEXELS/SARAH DIETZMenyiram cairan sabun untuk membasmi ulat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyiraman air yang berlebih adalah salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan pekebun pemula dalam merawat tanaman.

Hal ini dapat terjadi akibat tidak ketahuan akan kebutuhan jumlah air yang dibutuhkan sebuah tanaman.

Meskipun menyiram tanaman dengan air adalah hal penting, jumlah air yang berlebihan malah berdampak buruk.

Baca juga: Ketahui, 5 Mitos Menyiram Tanaman yang Tidak Perlu Dipercaya

Layu, busuk akar, hingga kematian adalah dampak yang dihasilkan dari penyiraman air yang berlebihan pada tanaman.

Apabila tanaman yang kamu miliki terlalu banyak disiram air, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menyelamatkannya.

Dilansir dari Bright View, Senin (10/5/2021), berikut ini adalah cara menyelamatkan tanaman yang terlalu banyak disiram air.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Langkah pertama dalam menyelamatkan tanaman yang terlalu banyak diberi air adalah menentukan seberapa parah pengaruhnya terhadap mereka.

Baca juga: Jangan Asal Siram, Ini Teknik Menyiram Tanaman agar Tumbuh Subur

Jika tanaman mulai menguning tetapi belum mulai layu, simpan dan lakukan penyiraman dengan benar. Jika layu mulai terjadi, kamu harus bekerja lebih keras untuk menyelamatkannya.

Teknik penyiraman yang tepat untuk tanaman yang menguning

1. Periksa apakah tanaman membutuhkan air atau tidak. Jika tanahnya gelap dan lembab, kemungkinan tanaman tidak membutuhkan air.

Tambahkan air hanya apabila tanah sudah kering jika disentuh dan berwarna cerah. Tanaman yang berbeda membutuhkan jumlah air yang berbeda, jadi pastikan untuk menguji setiap tanaman satu per satu

2. Ketika telah menentukan bahwa tanaman membutuhkan air, lakukan dengan membasahi seluruh bagian akar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X