Kompas.com - 06/05/2021, 15:39 WIB
Ilustrasi ikan cupang. PIXABAY/CUONG NGUYENIlustrasi ikan cupang.

JAKARTA, KOMPAS.com— Ikan cupang kini tengah digandrungi. Ikan cantik ini juga bisa menjadi lahan bisnis baru. Untuk kamu yang ingin memperbanyak ikan cupang, kamu bisa mencoba mengawinkan sendiri ikan ini.

Kamu bisa melakukan pembiakan saat ikan cupang sudah dewasa dan memiliki ciri-ciri khusus. Jika ia siap kawin, ikan jantan akan berubah warna menjadi lebih gelap dan menunjukkan siripnya dan mungkin mencoba mengejar atau menyerang ikan lainnya.

Beberapa betina pada awalnya pemalu, dan mungkin menempelkan siripnya erat-erat pada tubuhnya, tetapi dia akan sering melakukan pemanasan ke cupang jantan begitu dia mengawasinya di dalam tangki pembiakan.

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Memuntahkan Makanan? Ternyata Ini Penyebabnya

Tanda paling jelas dari betina reseptif atau hamil (berisi telur) adalah titik putih yang muncul di tabung ovipositornya, yang terletak di belakang sirip perutnya.

Setelah melihat tanda-tanda itu, segera dikondisikan dan siapkan tangki pembiakan. Kamu juga perlu mempersiapkan toples vas bersekat atau tangki dan gulungan pembungkus plastik.

Jika kamu ingin mencoba membiakkan cupang, berikut adalah cara-cara mengewinkan cupang seperti dilansir dari Tankarium, Kamis (6/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pindahkan betina ke akuarium pembibitan

Bagilah akuarium pembiakan menjadi dua dengan pembatas atau letakkan kaca di bagian atas terbuka di dalam akuarium. Isi vas dengan sedikit air dari akuarium pembiakan dan tempatkan tegak di dasar tangki, sehingga ketinggian air di dalam toples dan akuarium sama.

Tangkap cupang betina dengan hati-hati dan pindahkan ke toples atau salah satu sisi pembatas di tangki pembiakan. Biarkan dia menyesuaikan diri selama 30 menit hingga satu jam.

2. Perkenalkan ikan jantan dan betina

Tangkap cupang jantan dengan hati-hati dan letakkan di sisi berlawanan dari betina, atau di bagian utama akuarium jika kamu menggunakan metode vas. Ikan betina harus dapat melihat tetapi tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan cupang jantan.

Baca juga: 3 Ciri Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Begitu dia memata-matai betina, warna jantan akan menjadi gelap, dan dia kemungkinan akan mulai menunjukkan siripnya dan pamer untuk menarik perhatiannya.

Halaman:


Sumber Tankarium
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X