Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2021, 15:38 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi kamu yang seorang pemula dalam memelihara ikan cupang, suatu saat nanti kamu kemungkinan besar akan melihat permukaan air pada wadah atau akuarium ikan cupang menjadi berbusa.

Saat kondisi ini terjadi, kamu mungkin mengira bahwa air ikan cupang yang berbusa merupakan pertanda airnya sudah kotor, sehingga kamu akan membersihkan atau mengganti airnya.

Tapi, perlu diingat bahwa air ikan cupang yang berbusa bukan pertanda airnya sudah kotor atau alat pembuat gelembung udara di akuarium bekerja terlalu keras.

Baca juga: Berapa Kadar pH Air Ideal untuk Ikan Cupang? Simak, Ini Penjelasannya

Air pada akurium ikan cupang yang berbusa disebabkan oleh ikan cupang yang sengaja meniupkan gelembung atau busa, sehingga menghasilkan busa atau buih di permukaan airnya.

Lantas mengapa ikan cupang mengeluarkan busa? Pertanda apakah ini?

Dilansir beberapa sumber, Rabu (5/5/2021), ada beberapa alasan mengapa ikan cupang membuat busa yang menyebabkan air di akuarium ikan cupang berbusa.

Dikutip dari kanal Youtube Inda Purwati, ikan cupang yang menghasilkan busa itu adalah ikan cupang jantan. Busa ini dibuat dengan menelan udara dan meniup gelembung sekresi oral di dekat permukaan air.

Baca juga: Kapan Daun Ketapang Perlu Diberikan untuk Air Ikan Cupang?

Waktu terbentuknya busa tidak ada batas maksimal atau minimal, semua tergantung dari kondisi ikan cupang untuk membuatnya.

Kadang-kadang ikan cupang membuat sarang busa setiap minggu, setiap bulan, bahkan setiap hari.

Alasan ikan cupang menghasilkan gelembung atau busa di permukaan air

1. Membangun Sarang

Ikan cupang jantan secara teratur meniup gelembung atau busa menjadi tumpukan busa di sudut akuarium karena mereka adalah ikan pembangun sarang.

Di alam liar, ketika jantan siap berkembang biak, mereka menemukan petak-petak kecil air tenang yang penuh dengan gulma dan bahan mengambang lainnya untuk menempelkan sarang mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com