Kompas.com - 06/05/2021, 18:52 WIB
Ilustrasi anjing chihuahua Unsplash/David VivesIlustrasi anjing chihuahua

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing Chihuahua dikenal sebagai ras anjing terkecil di dunia. Bobot tubuh rata-rata Chihuahua berkisar 1,5 hingga tiga kilogram. Meski bertubuh kecil, anjing Chihuahua sangat lincah, kuat, dan tangkas.

Tak heran, anjing yang juga dikenal lucu, menggemaskan, juga bersahabat mampu bersaing dalam olahraga anjing seperti ketangkasan dan ketaatan. 

Baca juga: Berapa Lama Usia Hidup Anjing Chihuahua? Ini Penjelasannya

Tak hanya itu, Chihuahua juga memiliki sejumlah keistimewaan dan fakta yang belum banyak diketahui orang. Apa saja? Berikut ini lima fakta unik anjing Chihuahua melansir dari laman Dogtime dan Reader’s Digiest, Kamis (6/5/2021). 

Sejarah Anjing Chihuahua 

Ilustrasi anjing ChihuahuaUnsplash/Tamara Bellis Ilustrasi anjing Chihuahua
Seperti ras anjing lainnya, asal muasal Chihuahua juga tidak diketahui jelas. Namun, ada dua teori tentang bagaimana ras Chihuahua muncul. Teori pertama menyebut Chihuahua adalah keturunan dari seekor anjing Amerika Tengah dan Selatan yang dikenal sebagai Techichi. 

Teori kedua mengatakan Chihuahua berasal dari Cina dan dibawa ke Meksiko oleh pedagang Spanyol, kemudian dibesarkan dengan anjing asli kecil yang berada di sana.

Baca juga: 8 Ras Anjing yang Umurnya Panjang, Chihuahua hingga Bichon

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlepas dari teori mana yang akurat, Chihuahua berambut pendek yang kita kenal sekarang kabarnya ditemukan pada 1850-an di negara bagian Chihuahua, Meksiko. Nama inilah yang kemudian menjadi nama anjing Chihuahua.

Para wisatawan asal Amerika yang datang ke Meksiko kabarnya membawa pulang anjing-anjing kecil itu ke negaranya. 

Baca juga: Betulkah Anjing Berwarna Cokelat Lebih Berumur Pendek?

Anjing Chihuahua mulai diperlihatkan pada 1890 dan seekor Chihuahua bernama Midget atau Cebol menjadi yang pertama dari ras Chihuahua yang terdaftar di American Kennel Club (AKC)—Badan Pengasuhan Anjing Amerika Serikat—pada 1904.

Sejak 1960-an, Chihuahua telah menjadi salah satu ras anjing paling populer yang didaftarkan AKC. Saat ini, Chihuahua menempati peringkat 11 dari 155 ras dan varietas anjing yang diperkenalkan AKC.  

Baca juga: Daftar Sayuran yang Boleh Dimakan Oleh Anjing

Berkepribadian Besar

Ilustrasi anjing ChihuahuaUnsplash/Alicia Gauthier Ilustrasi anjing Chihuahua
Terkenal sebagai anjing terkecil di dunia, Chihuahua bisa dibilang merupakan anjing dengan kepribadian terbesar di dunia. Ia sangat ramah, lucu, penyanyang, cerdas, cepat belajar, dan bersahabat akrab dengan pemiliknya atau orang-orang di sekitarnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X