Kompas.com - 06/05/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi menyiram tanaman. SHUTTERSTOCK/ANNA NAHABEDIlustrasi menyiram tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memberikan berbagai perawatan, pemupukan, dan pemilihan media tanam, penyiraman air ke tanaman adalah proses penting dalam kegiatan berkebun. Sayangnya, pada proses ini, masih banyak pekebun yang keliru menerapkannya.

Meski tampak mudah dikerjakan, terdapat cara-cara yang harus diperhatikan setiap pekebun saat menyiram tanaman. Sayangnya, cara-cara ini masih sering kali salah dilakukan. 

Baca juga: Ketahui, 5 Mitos Menyiram Tanaman yang Tidak Perlu Dipercaya

Dikutip dari kanal YouTube Kebun Kumara, Kamis (6/5/2021), berikut ini lima kesalahan penyiraman tanaman yang umum dilakukan.

Menyiram pada Waktu yang Salah

Sebelumnya, harus kamu ketahui bahwa tanaman bertumbuh pada pagi hari. Jadi, saat ingin menyiram tanaman, baiknya dilakukan dua kali sehari sebelum pukul 08.00 dan setelah pukul 16.00. 

Baca juga: Jangan Asal Siram, Ini Teknik Menyiram Tanaman agar Tumbuh Subur

Siramkan air ke tanaman secukupnya saja. Kamu bisa mengira-ngira seberapa banyak air yang diperlukan tanaman dengan melihatnya dari besar bibit dan wadahnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menyiram Saat Tidak Dibutuhkan

Sebelum menyiram, kamu juga harus peka dengan kebutuhan tanaman tersebut, apakah tanaman butuh disiram atau tidak. Cara mengetahuinya pun mudah. Kamu tinggal memasukan satu jarimu ke dalam pot untuk kamu lihat kelembapan tanah atau media tanamnya. 

Baca juga: Mengapa Penyiraman Tanaman dari Bawah Lebih Bagus? Ini Penjelasannya

Apabila tanahnya kering, kamu bisa siramkan air ke tanaman tersebut. Seandainya tanahnya lembap, kamu tidak perlu menyiramnya lagi.

Menyamakan Kebutuhan Air pada Setiap Tanaman

Ingat, kebutuhan air setiap tanaman berbeda, baik dari jenis, ukuran, maupun wadah peletakkanya. Saat menyiram tanaman, kamu juga harus menyesuaikan dengan usia bibit dan besar atau kecil wadahnya. 

Baca juga: 4 Fakta Penting Tentang Penyiraman Tanaman yang Perlu Diketahui

Jadi, kalau wadah tanamannya kecil, kamu siram secukupnya saja. Namun, kalau potnya besar, kamu bisa menyiramnya sedikit lebih lama untuk memastikan airnya terserap sampai media tanam yang paling bawah.

Menyiram dari Daun Tanaman

Proses penyiraman tanaman yang paling penting sebenarnya cukup menyiramkan air ke tanah atau media tanamnya saja karena tanaman menyerap air dari akarnya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu menyiram tanaman terlalu berlebihan dari daun-daun tanaman. 

Baca juga: Tips Menyiram Bunga Anggrek agar Cepat Berbunga

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X