Kompas.com - 06/05/2021, 15:41 WIB
Ilustrasi ruang keluarga. UNSPLASH/SPACEJOYIlustrasi ruang keluarga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, ada banyak hal yang mungkin kamu persiapkan. Mulai dari, membeli baju baru, menyiapkan kue kering, memasak makanan khas Lebaran seperti ketupat dan opor ayam, dan berbagai kegiatan lainnya.

Namun, kamu juga tak boleh lupa membersihkan rumah untuk menyambut Idul Fitri yang dirayakan setahun sekali agar bisa merayakannya dengan nyaman. 

Baca juga: Panduan Membersihkan Gorden di Rumah

Selain membersihkan berbagai ruangan rumah, ada pula barang-barang atau benda di rumah yang juga perlu kamu bersihkan sebelum Lebaran tiba.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (6/5/2021), berikut ini tujuh benda di rumah yang perlu dibersihkan menyambut Lebaran. 

Baca juga: 5 Bunga Beraroma Wangi yang Cocok Diletakkan di Ruangan Saat Lebaran

Kaca Jendela

Saking jarangnya, mungkin kamu sudah lupa kapan terakhir kali membersihkan kaca jendela di rumah. Jika kaca jendela terlihat kotor, segera bersihkan untuk membuatnya kembali kinclong agar suasana rumah siap menyambut Hari Raya Idul Fitri. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gorden

Masih berkaitan dengan sesuatu yang ada di dekat kaca jendela. Gorden yang menutupi bagian dalam kaca jendela rumah juga perlu dibersihkan. 

Baca juga: Mau Mengecat Rumah Jelang Lebaran? Lakukan Hal Ini Dulu

Biasanya, gorden menjadi barang yang jarang dibersihkan oleh kebanyakan penghuni rumah. Maka itu, jelang Lebaran ini menjadi waktu yang tepat untukmu membersihkannya. 

Kipas Angin

Tampilan kotor dari debu yang menumpuk di kipas angin tentu tidak bagus untuk diperlihatkan, terlebih jika ada keluarga dekat yang berkunjung ke rumah. 

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Genteng yang Biasa Digunakan Sebagai Atap Rumah

Entah itu, kipas angin gantung, kipas angin duduk, hingga kipas angin dinding, bersihkan semua alat penyejuk itu untuk merayakan Lebaran dengan suasana yang lebih bersih.

Saklar

Perhatikan semua saklar yang ada di rumah. Apakah tampak menguning, kotor, dan jarang dibersihkan? Jika iya, kamu harus membersihkan bagian ini sebelum Lebaran. 

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Sarang Lebah di Rumah Secara Aman dan Manusiawi

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X