Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara yang Benar Mencuci Pakaian Berbahan Denim Menurut Ahli Tekstil

Kompas.com - 20/04/2021, 20:57 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Mitos tentang mencuci pakaian berbahan denim atau jin banyak beredar di masyarakat. Ada yang percaya bahwa pakaian berbahan denim tidak perlu dicuci sama sekali, ada pula yang percaya bahwa bahan ini harus dicuci menggunakan tangan.

Namun ada juga yang masa bodo dan mencuci pakaian berbahan denim dengan mesin cuci dan menggabungkannya dengan pakaian lainnya.

Ternyata, mencuci pakaian berbahan denim juga tidak boleh sembarangan. Berikut adalah tips mencuci pakaian berbahan jeans seperti dilansir dari Good Housekeeping, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: 5 Kesalahan dalam Mencuci Masker Kain yang Harus Dihindari

Cara terbaik mencuci jeans

Baru atau lama, usahakan untuk selalu membalik jeans bagian dalam keluar sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci.

Ini membantu meminimalkan abrasi yang menyebabkan warnanya mudah pudar serta aus yang biasanya terjadi di sepanjang tepian, saku, dan bagian dekat ikat pinggang.

Penting juga untuk menutup ritsleting dan mengencangkan kancing dan kancing, ini membantu menjaga jeans tetap pada bentuknya dan mencegah pakaian atau bagian lain tersangkut dalam muatan saat dicuci di mesin cuci.

Untuk jeans robek dengan keliman atau lubang berjumbai, jepit bukaan atau tepinya dengan klip. Klip ini dapat membantu menjaga denim agar tidak berjumbai dan lubang semakin besar.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Untuk Mendapatkan Hasil Mencuci Terbaik

Jika celana jeans sobek milikmu harganya mahal, ada baiknya dicuci dengan tangan untuk menghindari robekan yang tidak diinginkan.

Gunakan deterjen yang dirancang untuk mempertahankan warna. Deterjen jenis ini biasanya mengandung bahan untuk membantu kain menahan pewarna dan untuk menonaktifkan klorin dalam air yang dapat memudarkan warna.

Terakhir, yang terbaik adalah mencuci jeans dengan air dingin dalam siklus yang pendek.

Cara terbaik untuk mengeringkan jeans

Jika ingin mengeringkan jeans dengan mesin pengering, pastikan untuk membalikkan celana dalam dan keringkan dengan siklus yang lembut dan pengaturan panas rendah, kecuali jika label perawatan mengarahkan sebaliknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com