Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Hal Ini Untuk Mendapatkan Hasil Mencuci Terbaik

Kompas.com - 17/04/2021, 08:08 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci menggunakan mesin cuci memang membuat kegiatan mencuci ini lebih hemat waktu dan tenaga. Namun, tahukah Anda, jika mencuci menggunakan mesin cuci ini belum tentu memberikan hasil maksimal?

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (17/4/2021), ada beberapa langkah untuk memberikan hasil yang maksimal saat mencuci pakaian menggunakan mesin cuci. Sebelum mulai mencuci, Anda harus menyortir cucian kotor, mulai dari warna dan jenis pakaiannya, barulah bisa mulai mencuci.

Namun, hal ini tergantung dengan jenis mesin cuci yang digunakan. Berikut panduan mencuci untuk menghasilkan yang terbaik dari beberapa jenis mesin cuci. 

Baca juga: 3 Cara Mudah Membersihkan Mesin Cuci Secara Berkala

Mesin cuci bukaan atas standar

Mesin cuci bukaan atas standar memiliki pengaduk tengah yang membantu memindahkan pakaian melalui air dan deterjen.

Untuk hasil pembersihan terbaik, penting untuk memuat pakaian di sekitar agitator secara seimbang tanpa membebani secara berlebihan. Pemuatan yang benar juga akan membantu mencegah mesin cuci menjadi tidak seimbang dan "berjalan" dari getaran yang berlebihan.

Jika mesin cuci Anda tidak memiliki dispenser deterjen otomatis, pertama-tama tambahkan deterjen ke drum mesin cuci yang kosong menggunakan takaran yang disarankan.

Hal ini sangat penting untuk kemasan dosis tunggal yang harus tetap berada di dalam air selama mungkin agar larut dengan baik (jangan pernah meletakkan kemasan di dispenser otomatis). Sekarang saatnya menambahkan aditif pembersih lain seperti pemutih cair atau pelembut kain ke dispenser otomatis.

Baca juga: 8 Kesalahan yang Mungkin Kamu Lakukan dengan Mesin Cuci

Selanjutnya, pilih siklus yang tepat dan suhu air untuk setiap beban. Kemudian tambahkan pakaian, letakkan secara merata di sekitar agitator. Jika benda-benda itu besar seperti seprai, jangan dililitkan atau dipelintir di sekitar agitator.

Cukup letakkan di satu sisi dan seimbangkan dengan lembar lainnya di sisi lain. Cobalah untuk mencampur barang besar dan kecil di setiap muatan untuk tindakan pencucian yang lebih baik.

Sekarang, Anda siap untuk memulai mesin cuci.

Mesin cuci bukaan atas berefisiensi tinggi 

Mesin cuci muatan atas berefisiensi tinggi menggunakan lebih sedikit air daripada mesin cuci muatan atas standar.

Untuk membantu memindahkan pakaian melalui permukaan air yang lebih rendah, mereka memiliki drum yang berputar di sekitar sumbu horizontal atau pelat pencuci daripada pengaduk tengah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com