Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias yang Butuh Kelembaban Tinggi, Cocok di Kamar Mandi

Kompas.com - 30/11/2020, 18:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menempatkan tanaman hias di kamar mandi akan menambah dekorasi, membuat kamar mandi tampak mewah.

Namun, jangan asal meletakkan tanaman hias. Anda harus mengetahui jenis tanaman hias yang cocok ditempatkan di kamar mandi, yang memang memiliki kelembaban tinggi.

Dilansir dari Real Simple, Senin (30/11/2020), menurut para ahli tanaman di Greenery NYC dan The Sill, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menempatkan tanaman hias di kamar mandi. Pastinya, tanaman ini harus dapat bertahan hidup di area dengan kelembaban tinggi.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Pembawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Selain itu, Anda harus mempertimbangkan tempat meletakkan tanaman hias, misalnya digantung atau diletakkan di dalam pot.

Nah, tanaman apa saja yang dapat bertahan di area dengan kelembaban tinggi seperti di kamar mandi? Berikut uraiannya.

1. Bird's nest fern atau paku sarang burung

Tanaman paku sarang burung adalah salah satu tanaman terbaik untuk kamat mandi. Tanaman ini berasal dari kawasan Asia Tenggara dan Polinesia.

"Paku sarang burung menyukai kelembaban ekstra yang dapat ditemukan di kamar mandi," ungkap pakar tanaman Erin dari The Sill.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Aman untuk Kucing dan Anjing

"Tanaman ini membalas kelembaban tinggi dengan pertumbuhan yang besar dari waktu ke waktu dan minimnya kecoklatan di tepi daun," jelas Rebecca Bullene, pendiri Greenery NYC.

Tanaman paku sarang burung dapat mentolerir cahaya ruang yang agak redup, membuatnya ideal untuk kamar mandi yang tidak banyak terpapar sinar matahari.

2. Alocasia

Alocasia menyukai rumah yang terang dan lembab. Dengan demikian, tanaman ini akan tumbuh dengan baik di kamar mandi yang terkena sinar matahari.

Naun demikian, jangan tempatkan alocasia terlalu dekat dengan jendela atau terpapar langsung sinar matahari dalam waktu lama, karena akan membuat daunnya terbakar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com