Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Bikin Tanaman Keladi Jadi Rimbun dengan Memotong Umbinya

Kompas.com - 30/11/2020, 15:52 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keladi atau caladium memang menjadi tanaman hias cantik dengan daun unik beragam corak yang indah dipandang, sehingga mampu mempercantik dekorasi rumah.

Sayangnya keladi yang tumbuh kebanyakan tidak rimbun, biasanya hanya bisa mencapai 2-6 daun saja. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang kurang maksimal.

Namun, tanaman keladi yang kamu miliki di rumah bisa menjadi rimbun dengan sebuah trik sederhana dalam proses penumbuhannya.

Baca juga: 5 Pilihan Pupuk Terbaik untuk Tanaman Keladi alias Caladium

Dilansir dari kanal Youtube Fahri Orchid, Senin, (30/11/2020), membuat keladi rimbun bisa dengan cara memotong salah satu bagian di tanaman keladi.

"Bagaimana agar keladi rimbun? Cukup memotong batang utama atau induknya. Nah, bagaimana keladi yang sudah siap untuk dipotong yaitu keladi yang sudah tua dan umbinya sudah besar," jelas Fahri.

Kalau keladi rimbun itu dikatakan Fahri mempunyai banyak titik tumbuh alias tunas. Kebanyakan keladi hanya mempunyai satu titik tumbuh atau single, sehingga daunnya sedikit tidak bisa rimbun.

Untuk mengetahui keladi yang sudah tua itu adalah keladi yang sudah berbunga. Keladi seperti ini sudah bisa dan siap untuk dipotong.

Baca juga: Jenis-jenis Tanaman Keladi yang Perlu Diketahui Sebelum Mengoleksi

Sebenarnya keladi tanpa dipotong pun bisa tetap rimbun, tetapi akan lama rimbun karena dia tidak terangsang untuk mengeluarkan banyak mata tunas atau mengeluarkan banyak titik tumbuh.

"Jadi kalau tidak dirangsang dengan dipotong, tumbuhnya akan single dan daunnya tidak bisa banyak karena titik tumbuhnya hanya satu," ungkap Fahri.

Cara memotong keladi agar rimbun

Siapkan pisau khusus memotong tanaman keladi bersama sedikit umbi, kemudian diolesi dengan antiseptik. Keladi yang akan dipotong bisa dicabut atau tidak dari potnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com