Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu AC Split? Berikut Penjelasannya

AC split memiliki bentuk praktis dan teknologi yang sesuai untuk ruangan yang ada di rumah.

Jika kamu masih asing dengan jenis AC satu ini, baca lebih lanjut untuk mengetahuinya lebih jelas.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (25/7/2022), berikut ini adalah pengertian AC split yang bisa kamu ketahui.

Alasan AC jenis ini dinamai split itu karena terbagi atas dua unit yang letaknya berada di dua tempat berbeda.

AC split merupakan pendingin ruangan yang dapat diatur agar mengeluarkan suhu yang lebih rendah dari suhu yang terdapat dalam lingkungan sekitar, serta lebih efektif bekerja pada ruangan yang tertutup.

AC split memiliki komponen penyusun untuk menghasilkan proses sirkulasi udara yang membuat udara dalam suatu ruangan menjadi sejuk atau cenderung dingin.

Beberapa komponen AC split adalah sebagai berikut:

Evaporator


 

Evaporator pada ac split diproduksi dari pipa yang terbuat dari bahan tembaga dengan panjang dan diameter yang disesuaikan.

Desain evaporator AC split sengaja dibuat berlekuk-lekuk agar dapat menghemat tempat dan mampu menyerap suhu panas pada udara ruangan secara efektif.

Udara yang telah melalui evaporator akan langsung disaring oleh filter udara. Filter udara berfungsi agar udara hasil sirkulasi menjadi bersih dan terbebas dari polutan atau virus berbahaya.

Motor blower

Motor blower pada AC split berfungsi sebagai sirkulator udara agar sampai ke evaporator.

Motor blower juga akan mengatur capaian suhu udara seperti yang diinginkan. Pengaturan suhu ruangan dapat dilakukan menggunakan remote control AC split.

Control panel electric dan sensor suhu

Control panel electric dan sensor suhu dapat dikatakan sebagai komponen pokok karena berfungsi untuk mengatur seluruh kinerja komponen lainnya, seperti blower, fan, hingga timer.

Kondensor

Kondensor pada AC split terbuat dari pipa berbahan tembaga yang berfungsi sebagai pelepas suhu panas udara yang terbawa oleh freon (refrigan) untuk dilepas menjadi udara dingin di ruangan.

Macam-macam AC Split

AC biasa

AC biasa atau biasa disebut AC standart maupun AC non inverter merupakan salah satu tipe dari AC split. AC ini adalah salah satu AC Split yang bisa mendinginkan ruangan dengan cepat.

Hanya saja AC split tipe ini memiliki kekurangan, yakni membutuhkan daya tarik listrik yang cukup besar sehingga membuat tagihan listrik membengkak.

AC split jenis ini memiliki teknologi hemat daya listrik sehingga menjadi pilihan terbaik untuk menyejukkan udara di dalam rumah.

Meski hemat daya listrik, AC ini mampu mendinginkan ruangan dengan cepat seperti AC standart. Hanya saja, AC inverter memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan AC split biasa atau standar.

AC low watt

AC low watt dirancang untuk menghemat listrik di rumah. Akan tetapi, ada kelemahan dari AC split tipe ini yaitu kemampuan mendinginkan ruangan yang memakan waktu agak lama.

Biasanya AC split low watt digunakan bagi rumah yang memiliki daya listrik kecil.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/25/163600776/apa-itu-ac-split-berikut-penjelasannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke