Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hal untuk Membantu Kulkas Bekerja Lebih Baik dan Tahan Lama

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat kamu mengeluarkan cukup banyak uang untuk membeli kulkas, tetapi kulkas yang kamu beli mulai rusak dalam kurun waktu yang tak lama, mungkin perasaanmu hancur dan marah.

Ketika membeli peralatan elektronik, termasuk kulkas, siapa pun pasti tak ingin barang yang mereka miliki menjadi rusak lebih cepat. Tetapi, sebuah kerusakan pada perangkat elektronik tidak dapat diprediksi dan selalu mungkin terjadi.

Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk memperpanjang umur kulkas yang kamu miliki, bahkan membuatnya bekerja lebih baik juga.

Dilansir dari beberapa sumber, Rabu (31/3/2021), berikut ini 7 hal yang dapat membantu kulkasmu bekerja lebih baik dan tahan lama.

1. Hilangkan tekanan sistem pendingin dengan membersihkan gulungan kondensor

Luangkan waktu sesekali untuk memastikan koil kondensor atau gulungan kondensor kulkasmu berfungsi penuh. Mereka biasanya terletak di bawah kulkas, tapi terkadang bisa ditempatkan di belakang kulkas.

Koil kondensor sendiri adalah tabung logam, yang bentuknya berupa garis-garis besi yang menyatu dengan besi dengan pola grid berbentuk U panjang.

Inilah alasan mengapa koil kondensor perlu dan penting dibersihkan. Kulkas milikmu mendinginkan makanan dengan melewatkan zat pendingin melalui kumparan, yang menghilangkan panas.

"Jika koil kondensor kotor, mereka tidak akan menghilangkan panas secara efektif,” kata Chris Zeisler, supervisor layanan teknis di Repair Clinic, sebuah perusahaan suku cadang peralatan internasional.

“Saat serpihan kotoran dan debu menumpuk di gulungan, kinerja kulkas menjadi kurang efisien, dan menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan," jelas Zeisler.

Jika gulungan sangat kotor, kulkas tidak akan dapat mempertahankan suhu yang tepat. Jadi, sekali atau dua kali setahun, pastikan untuk membersihkan koil kondensor.

Untuk urusan ini, kamu tidak perlu menjadi seorang profesional yang kewalahan, cukup cabut kulkas untuk menghindari sengatan listrik, kemudian gunakan sikat kondensor dan penyedot debu untuk menyedot kotoran di koil kondensor.


2. Pastikan kulkas tak membocorkan udara dingin dengan membersihkan gasket pintu

Gasket adalah segel yang mengelilingi pinggiran pintu kulkas yang membuatnya kedap udara.

Merupakan ide yang baik untuk membersihkan dan melumasi kulkas dan gasket pintu kulkas dan freezer secara berkala.

Alasannya karena gasket yang kotor tidak menyegel sebaik yang bersih, yang berarti kulkasmu bisa bekerja lembur untuk mendinginkan isi kulkas

Sabun panas dan air tua yang bagus dapat digunakan untuk menyeka gasket. Saat membersihkan, periksa gasket apakah ada belahan, sobekan, atau lipatan, yang semuanya juga dapat merusak segel.

Jika gasket pintu kulkas ditemukan ada yang rusak, mungkin sudah waktunya untuk mengganti yang baru.

Gasket pintu kulkas yang buruk dapat memungkinkan udara hangat masuk ke dalam kulkas, menyebabkan penumpukan kembang es serta membuat kuljas menjadi kurang efisien.

Setelah dibersihkan, direkomendasikan untuk melapisi permukaan gasket dengan sedikit petroleum jelly. Ini akan membantu gasket meluncur, memperpanjang hidup mereka.

3. Isi kulkas secukupnya

Cara lain untuk membuat kulkas yang kamu miliki bisa tahan lama atau awet adalah memastikan kulkas diisi dengan secukupnya.

Jangan memasukkan banyak bahan makanan maupun minuman beserta barang-barang yang menjadi wadah, khususnya barang yang memiliki bobot berat seperti botol-botol.

4. Hindari meletakkan sesuatu yang panas di dalam kulkas

Selanjutnya, kamu harus menghindari untuk menyimpan air minum atau makanan yang masih panas di dalam kulkas. Tunggulah sampai agak dingin.

Apabila kamu memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas, hal ini membuat kulkas bekerja ekstra keras untuk mendinginkan sesuai suhu yang diatur.

5. Rutin membersihkan kulkas

Mengutip laman Sharp, rutinlah membersihkan bagian dalam kulkas menggunakan air hangat yang dicampur dengan sabun pencuci piring.

Seka atau lap bagian dalam kulkas dengan bahan yang lembut seperti spons atau kain mikrofiber.


6. Jangan sering-sering membuka kulkas terlalu lama

Biasakan untuk menjaga pintu kulkas tertutup rapat agar kulkas tidak harus bekerja keras untuk mendinginkan sekaligus menghemat listrik.

7. Atur peletakpan kulkas

Jangan letakkan kulkas berdekatan dengan sumber panas seperti kompor, karena hal ini bisa membuat kulkas yang kamu miliki tidak awet.

Atur juga jarak atau ruang antar kulkas dengan dinding atau tembok setidaknya 15-20 cm.

Dengan mengerjakan seluruh hal yang dijelaskan di atas, kulkas yang kamu miliki seharusnya tidak akan rusak dalam kurun waktu yang cukup lama.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/31/151517976/7-hal-untuk-membantu-kulkas-bekerja-lebih-baik-dan-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke