Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Jatuhkan Dakwaan Terorisme ke 4 Terdakwa Penembakan Konser Moskwa

Kompas.com - 25/03/2024, 09:12 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber BBC

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia menjatuhkan dakwaan terorisme kepada empat pria yang didakwa melakukan penembakan di konser Moskwa dan menewaskan sedikitnya 137 orang.

Sebanyak tiga orang di antaranya digiring dengan mata tertutup ke pengadilan Moskwa, sedangkan satunya dibawa dengan kursi roda.

Kelompok ISIS mengeklaim serangan di Balai Kota Crocus itu pada Jumat (22/3/2024) itu dan mengunggah videonya.

Baca juga: Penjelasan ISIS soal Penembakan Konser Moskwa

Namun, sejumlah pejabat Rusia tanpa bukti menuduh Ukraina terlibat dan Kyiv menyangkalnya sebagai tuduhan tak masuk akal.

BBC pada Senin (25/3/2024) melaporkan, keempat terdakwa bernama Dalerdzhon Mirzoyev, Saidakrami Muodali Rachabalizoda, Shamsidin Fariduni, dan Muhammadsobir Fayzov.

Video menunjukkan mata Mirzoyev dan Rachabalizoda menghitam, sedangkan telinga Rachabalizoda dibalut perban, dilaporkan karena sebagian telinganya terpotong saat proses penangkapan.

Wajah Fariduni bengkak parah dan Fayzov dibawa ke pengadilan dengan kursi roda, menurut laporan kantor berita Reuters.

Pernyataan pengadilan di aplikasi perpesanan Telegram mengatakan, Mirzoyev adalah warga negara Tajikistan dan mengakui kesalahannya sepenuhnya. Rachabalizoda juga mengaku bersalah.

Keempatnya akan ditahan sebelum persidangan hingga setidaknya 22 Mei 2024.

Baca juga:

Mereka ditangkap beberapa jam setelah empat pria bersenjata pada Jumat (22/3/2024) malam menyerbu Balai Kota Crocus di pinggiran Moskwa, dan menembaki sekitar 6.000 orang yang sedang menghadiri konser musik rock.

Para penyerang juga membakar tempat tersebut sehingga atapnya runtuh.

Pihak berwenang Rusia mengatakan, 137 orang tewas dan lebih dari 100 orang terluka.

ISIS mengeklaim serangan itu beberapa jam kemudian dan menyatakan, penembakan dilakukan oleh cabang yang dikenal sebagai ISIS Khorasan atau ISIS-K.

Mereka lalu merilis video para penyerang yang menembaki penonton di dalam gedung konser. Video itu telah diverifikasi keasliannya oleh BBC.

Baca juga: Putin Angkat Bicara soal Penembakan Konser Moskwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com