Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Kirim Bantuan Kemanusiaan Pertama ke Gaza

Kompas.com - 21/03/2024, 19:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber CNA

SINGAPURA, KOMPAS.com - Singapura menyelesaikan pengiriman bantuan kemanusiaan pertamanya ke Gaza pada Rabu (20/3/2024), dengan peti-peti berisi makanan dan barang-barang penting lainnya diterjunkan ke wilayah kantong tersebut.

Dalam sebuah postingan di Facebook pada Rabu, Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF) mengatakan pesawat angkut C-130 miliknya telah berhasil mengeksekusi penerjunan bantuan kemanusiaan pertamanya.

“Misi penerjunan udara dikoordinasikan erat dengan Angkatan Udara Yordania," tulisnya.

Baca juga: Gaza Terancam Bencana Kelaparan karena Bantuan Diadang Israel

“Setiap hal kecil berarti. Kami berharap misi penerjunan udara ini akan memberikan bantuan pada situasi kemanusiaan di Gaza,” tambahnya, seperti dikutip dari CNA.

Menteri Pertahanan Ng Eng Hen jugamenulis dalam sebuah posting Facebook.

“Penerjunan udara pertama dengan pasokan makanan dari C-130 RSAF dari Singapura kepada warga Palestina di Gaza. Kami berharap bantuan kemanusiaan (ini) dapat memberikan bantuan kepada keluarga di sana."

Dalam postingan lainnya, ia mengucapkan terima kasih kepada prajurit dan wanita Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) yang membantu mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

“Saat mereka melakukan pengiriman bantuan dalam beberapa hari mendatang, dukung mereka dengan kuat di dalam hati Anda, dan doakan agar misi berhasil dan kepulangan mereka dengan selamat, ke keluarga mereka dan Singapura,” tulisnya.

Paket kemanusiaan tersebut, yang disusun oleh pemerintah Singapura melalui konsultasi erat dengan Yordania, diklaim didasarkan pada kebutuhan di Gaza.

Bantuan tersebut termasuk paket makanan, persediaan dan peralatan medis, kata Kementerian Luar Negeri (MFA) dan Kementerian Pertahanan (MINDEF).

Baca juga: Paus Fransiskus Kembali Serukan Negosiasi untuk Akhiri Perang di Ukraina dan Gaza

Ini merupakan bantuan tahap ketiga yang diberikan Singapura untuk warga sipil di Gaza. 

Mereka juga telah menyerahkan sumbangan sebesar 6,1 juta dollar Singapura, yang dikumpulkan oleh Yayasan Rahmatan Lil Alamin, kepada Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA).

Baca juga: Dokter Gaza Gambarkan Kondisi Mengenaskan Warga Sipil Akibat Kekejaman Israel

Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan menyebut paket bantuan kemanusiaan terbaru ini sebagai ekspresi kepedulian, kepedulian dan kasih sayang warga Singapura terhadap warga Palestina di Gaza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com