Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tokoh Penerbangan Australia Dorong Upaya Baru Pencarian MH370

Kompas.com - 05/03/2024, 12:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

SYDNEY, KOMPAS.com - Peter Foley, direktur program pencarian yang dipimpin oleh Biro Keselamatan Transportasi Australia, memimpin seruan untuk mendukung upaya baru dalam pencarian pesawat MH370 yang hilang 10 tahun lalu.

Foley menegaskan bahwa setiap peluang keberhasilan memerlukan investasi pemerintah, dan saat ini adalah waktu yang krusial untuk melanjutkan pencarian.

Pemerintah Malaysia saat ini sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan robot kelautan AS, Ocean Infinity, untuk membahas kemungkinan pencarian baru.

Baca juga: Malaysia Siap Bayar Rp 1,1 Triliun jika Pesawat MH370 Ditemukan

Dilansir dari Guardian, perusahaan tersebut telah menyatakan kesediaannya untuk melanjutkan pencarian dan telah mengajukan proposal kepada pemerintah Malaysia.

Pesawat Malaysian Airlines Boeing 777 menghilang dari radar pada 8 Maret 2014, setelah lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing dengan 12 awak dan 227 penumpang, termasuk tujuh warga Australia.

Meskipun upaya pencarian permukaan sebelumnya telah dilakukan di Laut Cina Selatan dan Selat Malaka, namun sinyal elektronik yang terdeteksi menunjukkan bahwa pesawat tersebut kemungkinan berbalik arah dan jatuh di Samudera Hindia.

Australia kemudian mengambil alih upaya pencarian bawah air di Samudera Hindia dari Mei 2014 hingga awal tahun 2017. Foley menyoroti bahwa semakin lama penundaan pencarian, semakin kecil kemungkinan perekam data penerbangan masih berguna.

Oleh karena itu, ia mendesak pemerintah Australia untuk mendukung upaya baru dalam pencarian tersebut.

Sementara Ocean Infinity juga menegaskan keinginannya untuk kembali melakukan pencarian. Oliver Plunkett, kepala eksekutif perusahaan tersebut, menyatakan bahwa mereka siap untuk melanjutkan pencarian MH370 dan telah mengajukan proposal kepada pemerintah Malaysia.

Menteri Transportasi Malaysia, Anthony Loke, menegaskan komitmen negaranya untuk menemukan pesawat tersebut, tanpa memandang biaya.

Baca juga: Harapan Baru Misteri Hilangnya MH370, Perusahaan Teknologi Usul Pencarian di Wilayah Ini

Keluarga korban juga terus menyerukan tindakan lebih lanjut dalam pencarian ini. Ratusan kerabat dan pendukung berkumpul di Kuala Lumpur untuk mengenang mereka yang hilang dan mendukung seruan untuk pencarian baru.

Keluarga dari China pun telah menulis surat kepada pemerintah Malaysia untuk meminta pembukaan kembali penyelidikan.

Meskipun berbagai teori mengenai keberadaan dan alasan hilangnya pesawat tersebut beredar, namun hingga kini belum ada jawaban pasti.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Warganet Korsel Dukung WNI | Lelucon MH370 Hilang

Foley dan timnya, bersama dengan Ocean Infinity, berharap dapat melanjutkan pencarian dan memberikan jawaban bagi keluarga korban serta masyarakat dunia yang terus mengikuti perkembangan kasus ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Guardian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com