Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Perancis ke Ceko Bahas Bantuan Senjata untuk Ukraina

Kompas.com - 05/03/2024, 10:23 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Presiden Perancis Emmanuel Macron pada Selasa (5/3/2024) dijadwalkan bertemu dengan Presiden Ceko Petr Pavel dan Perdana Menteri Petr Fiala.

Tujuannya untuk mengklarifikasi sudut pandang Perancis mengenai rencana Ceko membeli senjata di luar Eropa untuk Ukraina yang dilanda perang.

Pada konferensi keamanan di Munich bulan lalu, Pavel mengatakan Republik Ceko, anggota UE dan NATO yang berpenduduk 10,8 juta orang mampu mengumpulkan sejumlah besar persenjataan untuk Ukraina di luar benua tersebut.

Baca juga: Rusia Terus Serang Ukraina Timur, 5 Orang Luka-luka

Dikutip dari AFP, Pavel mengatakan bahwa dengan bekerja sama dengan Kanada dan Denmark, Ceko telah mengidentifikasi 500.000 butir amunisi 155 milimeter dan 300.000 peluru 122 milimeter yang dapat dikirimkan dalam beberapa minggu.

Financial Times mengatakan Ceko sedang mencari dana sebesar $1,5 miliar (Rp 23 triliun) untuk membayar amunisi bagi Ukraina, yang telah berjuang melawan invasi Rusia selama dua tahun.

Fiala mengatakan pada konferensi internasional di Paris pekan lalu bahwa sekitar 15 negara siap bergabung dengan inisiatif ini, termasuk Perancis.

Sedangkan Macron mengatakan negaranya akan mengambil bagian dalam inisiatif ini tetapi tidak mengungkapkan rincian berapa besar kontribusinya.

Mereka mencontohkan bahwa Belanda telah berjanji untuk menyumbangkan $108,5 juta (Rp 1,7 triliun).

Maka, Ceko mengharapkan pemimpin Perancis untuk menyampaikan janji spesifik dalam pembicaraan hari Selasa.

Seorang penasihat Perancis mengatakan kunjungan ke Praha akan menjadi kesempatan untuk membahas inisiatif ini dan menghasilkan tindakan yang tepat.

Hal ini akan menjadi sebuah terobosan karena Paris sejauh ini cenderung menyalurkan belanja pertahanan ke dalam industri dalam negerinya dan lebih memilih produksi senjata di wilayah Eropa untuk mendapatkan uang dari Uni Eropa.

Baca juga: Israel-Hamas di Qatar Bahas Lagi Rencana Gencatan Senjata

Pada hari Selasa ini, Macron akan berpidato di forum nuklir di ibu kota Ceko, yang dihadiri oleh beberapa perusahaan energi Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com