Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Anugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Pakci Utama kepada KSAD Italia

Kompas.com - 24/02/2024, 19:47 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Pada 20 Februari 2024, KBRI Roma melakukan acara penganugerahan tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Pakci Utama kepada Kepala Staf Angkatan Darat Italia di Ruang Garuda, Wisma Duta RI Roma.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Luar Negeri Italia dan Pejabat KBRI Roma lainnya.

Pada kesempatan ini, mewakili Pemerintah Indonesia, Kepala Perwakilan RI Roma (Kuasa Usaha ad Interim) Lefianna Hartati Ferdinandus menyerahkan tanda kehormatan tersebut kepada Letnan Jenderal Pietro Serino.

Baca juga: KBRI Roma Adakan Joint Webinar dengan Utusan Swiss, Bahas Pertanian Digital

Dalam sambutannya, KUAI RI Roma Lefianna menyampaikan bahwa penyerahan tanda kehormatan ini menjadi simbol eratnya hubungan dan kemitraan Indonesia dan Italia di berbagai sektor, termasuk hubungan antar-angkatan bersenjata yang ditandai dengan kegiatan saling kunjung antara pejabat tinggi angkatan bersenjata kedua negara.

Kunjungan dan pertemuan Kepala Staf TNI Angkatan Darat dengan Kepala Staf Angkatan Darat Italia pada 29 Mei 2023 lalu berhasil menghasilkan kesepakatan untuk melihat berbagai potensi bidang kerja sama yang dapat dijalin dan ditingkatkan di masa mendatang.

Pemberian tanda kehormatan ini juga merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo atas dukungan dan komitmen yang kuat dari Letnan Jenderal Serino terhadap peningkatan hubungan dan kerja sama angkatan bersenjata kedua negara.

Baca juga:

Letnan Jenderal Serino setelah menerima tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Pakci Utama menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Perwakilan RI di Roma, seraya menggarisbawahi pentingnya hubungan Italia dan Indonesia yang selalu bercirikan kolaborasi kuat dan rasa saling menghormati yang mendalam.

Pemberian anugerah ini juga menandai pencapaian hubungan diplomatik antara Indonesia dan Italia yang pada 2024 menginjak usia 75 tahun, dengan harapan kedua negara dapat senantiasa menjalin ikatan persahabatan dan kerja sama konkrit yang semakin erat.

Baca juga: KBRI Roma Gelar Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Diwarnai Pakaian Adat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com