Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promosikan "Safety Driving", Pemeran di Iklan Layanan Masyarakat Italia Tak Pakai Sabuk Pengaman

Kompas.com - 24/02/2024, 17:54 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

ROMA, KOMPAS.com - Iklan layanan masyarakat yang mempromosikan safety driving (mengemudi dengan aman) di Italia viral, tetapi bukan karena pesan aslinya melainkan akibat pemerannya tidak memakai sabuk pengaman.

Video yang dibuat oleh Kementerian Transportasi Italia ini menampilkan empat gadis remaja bepergian naik mobil, kemudian penumpang di kursi depan memperlihatkan video di ponselnya.

Pengisi suara terdengar menawarkan dua opsi ke pengemudi, yaitu menontonnya sekarang atau nanti ketika sedang tidak menyetir.

Baca juga: Video Makan Tusuk Gigi Goreng Sedang Viral di Korea Selatan

“Buatlah satu pilihan karena ini tentang nyawa Anda dan orang lain,” tulis Wakil Perdana Menteri Italia yang membidangi transportasi, Matteo Salvini, di media sosial X (sebelumnya Twitter).

Jika pengemudi memilih untuk menonton video yang diperlihatkan temannya, mobilnya akan kecelakaan, sedangkan jika pengemudi memilih untuk menontonnya nanti, kecelakaan dapat dihindari.

Akan tetapi, yang disoroti para pemirsa justru bukan itu.

Baca juga:

“Matteo Salvini, para gadis muda ini lupa memasang sabuk pengaman,” kata anggota parlemen kiri-tengah dari Partai Demokrasi, Giulia Pastorella. di X.

Ketika dihubungi oleh kantor berita AFP, Kementerian Transportasi Italia mengakui adanya kemungkinan kesalahan dalam pembuatan video tersebut.

Iklan layanan masyarakat itu ditujukan untuk memperlihatkan tiga penyebab utama kecelakaan yang dilakukan pengemudi muda, yaitu menggunakan ponsel, mengebut, serta mengonsumsi obat-obatan dan/atau minuman beralkohol.

Baca juga: Cerita Sopir Innova yang Viral Keluar Parkiran Sempit: Enggak Masalah buat Saya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com