Kompas.com - 03/05/2022, 23:00 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di KBRI Roma dilaksanakan secara sederhana. KBRI Roma menggelar kegiatan shalat Id pada 2 Mei 2022, mulai pukul 08.00 pagi waktu setempat.

Dalam kondisi pandemi Covid-19, kegiatan shalat Idul Fitri diikuti dengan silaturahmi dan halalbihalal yang dihadiri oleh keluarga besar KBRI Roma serta perwakilan masyarakat Indonesia dalam jumlah terbatas.

Shalat Id di KBRI Roma dipimpin oleh Imam Kolonel Aminuddin Albek Atase Pertahanan KBRI Roma dilanjutkan dengan khutbah Idul Fitri oleh khatib Danang Waskito Minister Counsellor/Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Roma.

Baca juga: Didukung KBRI Roma, Batik Durian Lubuklinggau Tampil di Milan Fashion Week 2021

Dalam khutbahnya, khatib mengundang seluruh umat untuk memanjatkan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas usainya momentum ibadah puasa Ramadhan yang telah mengizinkan umat untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta melalui doa, zakat, dan amalan baik.

Imam Kolonel Aminuddin Albek Atase Pertahanan KBRI RomaKBRI ROMA Imam Kolonel Aminuddin Albek Atase Pertahanan KBRI Roma
Bulan penuh berkah tersebut pada akhirnya telah mengantarkan umat kepada Hari Kemenangan, Idul Fitri, demikian dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com.

Khatib Danang Waskito juga menekankan pentingnya mengambil hikmah atau ibroh pada kondisi pandemi Covid-19 dalam kaitannya dengan makna bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, antara lain yaitu pandemi mengingatkan umat untuk selalu memperkuat ketakwaan, kesabaran, ketawakalan, dan rasa penuh syukur.

Pandemi juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kepedulian sosial yang tinggi dan saling tolong-menolong dengan sesama. Seluruh nilai persaudaraan ini selaras dengan makna ibadah Ramadan dan penguatan hubungan dengan sesama anggota masyarakat.

Baca juga: KBRI Roma Terus Tingkatkan Potensi Kerja Sama Indonesia-Italia di Berbagai Bidang

Suasana shalat Id 1443 H di KBRI Roma.KBRI ROMA Suasana shalat Id 1443 H di KBRI Roma.
Dalam situasi dan kondisi pandemi global yang sudah semakin membaik dan kehidupan yang telah beranjak menuju normal, khatib tidak lupa mengingatkan masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk menjamin kebersihan serta kesehatan diri, keluarga, juga lingkungan sekitar.

Seusai shalat Id, keluarga besar KBRI Roma dan wakil masyarakat melakukan silaturahmi terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan dan keamanan. Perayaan Idul Fitri yang sederhana di KBRI Roma telah menjaga semangat silaturahmi tanpa mengurangi hikmat kegiatan beribadah di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Italia.

Baca juga: KBRI Roma Gelar Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Diwarnai Pakaian Adat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.