Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambaran Petir Tewaskan 18 Orang di India

Kompas.com - 27/11/2023, 15:22 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

AHMEDABAD, KOMPAS.com - Sedikitnya 18 orang tewas akibat sambaran petir di negara bagian Gujarat, India barat, saat terjadi badai hebat yang tidak sesuai musimnya pada Minggu (26/11/2023).

Hujan badai sebesar itu tidak diperkirakan akan terjadi di Gujarat selama bulan-bulan musim dingin, dan hujan lebat membuat banyak orang lengah.

Sementara banjir bandang dan petir menewaskan puluhan orang di India setiap tahunnya, para ilmuwan memperingatkan bahwa kenaikan suhu global telah memicu serangkaian peristiwa cuaca ekstrem.

Baca juga: Badai Petir Landa Arab Saudi, Mekkah dan Jeddah Terdampak Parah

"Sedikitnya 20 orang tewas selama hujan lebat, dengan sedikitnya 18 di antaranya disebabkan oleh petir," kata pihak berwenang negara bagian Gujarat dalam sebuah pernyataan pada Minggu malam, dikutip dari AFP.

Sedikitnya 40 hewan juga tewas.

Menteri Dalam Negeri India Amit Shah mengatakan bahwa ia "sangat sedih" atas kematian tersebut, dalam sebuah postingan di platform media sosial X.

Baca juga: Pengantin Pria Tewas Tersambar Petir saat Berpose untuk Foto Pernikahan di Tempat Wisata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com