Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Israel-Hamas, AS Siagakan 2.000 Tentara

Kompas.com - 17/10/2023, 20:34 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Militer Amerika Serikat (AS) menyiagakan 2.000 tentara sebagai tanggapan meningkatnya perang Hamas vs Israel terbaru, kata Pentagon pada Selasa (17/10/2023).

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menempatkan personel dan sejumlah unit pada tingkat kesiapan tinggi sebagai persiapan untuk dikerahkan, kata Pentagon, dikutip dari kantor berita AFP.

Pentagon menambahkan, penyiagaan ini dilakukan untuk merespons dengan cepat situasi keamanan yang berkembang di Timur Tengah.

Baca juga: Kemenlu RI: AS Seharusnya jadi Mediator Perang Hamas-Israel

Media-media AS melaporkan, pasukan ini akan bertugas sebagai pendukung seperti bantuan medis dan penanganan bahan peledak.

“Belum ada keputusan yang diambil untuk mengerahkan pasukan apa pun saat ini,” imbuh keterangan Pentagon.

Penyiagaan pasukan ini dilakukan ketika Presiden AS Joe Biden menuju Israel pada Rabu (17/10/2023) untuk menunjukkan dukungan Washington terhadap sekutu utamanya tersebut.

Biden akan menjalankan misi mencegah perang Israel-Hamas di Gaza meluas ke konflik Timur Tengah.

Baca juga:

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan perang terhadap Hamas setelah serangan kelompok tersebut menembus perbatasan Gaza yang dijaga ketat pada Sabtu (7/10/2023).

Serangan Hamas menewaskan lebih dari 1.400 orang di Israel yang sebagian besar warga sipil, dan menyandera sedikitnya 199 orang.

Israel membalasnya dengan serangan udara, menewaskan lebih dari 2.700 orang yang mayoritas adalah warga sipil.

Militer Israel juga melakukan pengepungan yang melumpuhkan Gaza, dan mengerahkan puluhan ribu tentara ke perbatasan untuk persiapan serangan darat skala penuh.

Baca juga: Kenapa Israel dan Amerika Serikat Berhubungan Baik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com