Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Israel Perintahkan Semua Penduduk Kota Gaza Tinggalkan Rumah dan Pergi ke Selatan

Kompas.com - 13/10/2023, 13:17 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

YERUSALEM, KOMPAS.com - Militer Israel pada Jumat (13/10/2023) menyerukan kepada seluruh penduduk Kota Gaza untuk meninggalkan rumah mereka dan menuju ke selatan demi keselamatan mereka sendiri.

"IDF (Pasukan Pertahanan Israel) menyerukan evakuasi semua warga sipil Kota Gaza dari rumah mereka ke arah selatan demi keselamatan dan perlindungan mereka sendiri, serta pindah ke daerah selatan Wadi Gaza seperti yang ditunjukkan pada peta," kata Militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Disebutkan, pada hari-hari berikutnya, IDF akan terus beroperasi secara signifikan di Kota Gaza dan melakukan upaya ekstensif untuk menghindari kerugian terhadap warga sipil.

Baca juga: Israel Minta 1,1 Juta Penduduk Gaza Utara Pindah ke Selatan dalam 24 Jam, PBB Desak Batalkan

"Hamas mengobarkan perang melawan Negara Israel dan Kota Gaza merupakan wilayah di mana operasi militer berlangsung," kata Militer Israel, sebagaimana dikutip dari Kantor berita AFP.

Pernyataan dari Militer Israel tersebut juga disiarkan oleh sejumlah media internasional lainnya.

"Hamas bersembunyi di Kota Gaza di dalam terowongan di bawah rumah-rumah dan di dalam gedung-gedung yang dihuni oleh warga sipil tak berdosa," kata pernyataan Militer Israel, sebagaimana diberitakan Al Jazeera.

Militer Israel menyampaikan penduduk Kota Gaza akan dapat kembali ke kota mereka hanya jika ada pengumuman lain yang mengizinkan.

Baca juga: UPDATE Perang Hamas-Israel, 2.837 Orang Tewas, 9,912 Terluka

"Jangan mendekati area pagar keamanan dengan Negara Israel," kata Militer Israel.

Sebelumnya, pada Kamis (12/10/2023), Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menyampaikan, “Sekarang adalah waktunya untuk berperang”.

Pernyataannya keluar ketika pesawat tempur Israel terus menggempur Gaza sebagai pembalasan atas serangan Hamas pada akhir pekan lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com