Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan Bakar Pembangkit Listrik Gaza Habis, Listrik Palestina Terancam Putus

Kompas.com - 11/10/2023, 21:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

YERUSALEM, KOMPAS.com - Otoritas listrik Gaza mengatakan satu-satunya pembangkit listrik di daerah yang diblokade itu akan kehabisan bahan bakar dalam beberapa jam.

Hal ini bisa menyebabkan listrik wilayah Palestina terputus, apalagi Israel juga telah memutus pasokan listrik sebagai pembalasan atas serangan baru-baru ini Hamas, kelompok yang menguasai Gaza.

Ketua Otoritas Energi Palestina Thafer Melhem mengatakan kepada radio Voice of Palestine pada Rabu (11/10/2023) bahwa pembangkit listrik tersebut akan ditutup pada sore hari di Gaza, di mana sekitar 2,3 juta orang tinggal di salah satu daerah terpadat di dunia.

Baca juga: Militer Israel Dipertanyakan Usai Gagal Endus Serangan Hamas

“Hal ini mengancam akan membuat Jalur Gaza menjadi gelap gulita dan membuat tidak mungkin untuk terus menyediakan semua layanan dasar kehidupan, yang semuanya bergantung pada listrik, dan tidak mungkin untuk mengoperasikannya sebagian dengan generator mengingat adanya pencegahan pasokan bahan bakar dari Gerbang Rafah,” kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan otoritas Gaza, dilansir dari Al Jazeera.

“Situasi bencana ini menciptakan krisis kemanusiaan bagi seluruh penduduk Jalur Gaza,” katanya.

Pernyataan tersebut juga menyebut pembalasan Israel sebagai kejahatan karena menghukum warga sipil yang tidak berdaya.

Mereka menyerukan komunitas internasional untuk bergerak cepat menghentikan kejahatan terhadap kemanusiaan dan pembunuhan massal multi-bentuk ini.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Mai al-Kaila mengatakan stok bahan bakar untuk mengoperasikan generator di rumah sakit di Jalur Gaza akan habis besok, Kamis (12/10/2023), yang akan memperburuk kondisi bencana di rumah sakit.

Baca juga: Hezbollah Tembakkan Rudal dari Lebanon ke Israel

Seluruh jalur penyeberangan di Gaza ditutup, sehingga mustahil mendatangkan bahan bakar untuk pembangkit listrik atau generator yang sudah lama diandalkan oleh warga dan rumah sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com