Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-595 Serangan Rusia ke Ukraina: Zelensky ke Markas NATO | Bantuan Terbaru AS

Kompas.com - 12/10/2023, 14:37 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BRUSSELS, KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-595 pada Rabu (11/10/2023), ditandai dengan kedatangan Presiden Volodymyr Zelensky di markas aliansi pertahanan NATO.

Kunjungan Zelensky ke kantor NATO di Brussels, Belgia, tersebut adalah kali pertama sejak invasi Rusia pada Februari 2022.

Dalam kunjungannya tersebut, Zelensky dijanjikan oleh Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin bahwa Ukraina akan mendapat paket bantuan militer baru.

Baca juga: Ukraina Hancurkan 27 dari 36 Drone Shahed yang Diluncurkan Rusia

Berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini, dikutip dari kantor berita AFP.

1. Zelensky tiba di markas NATO

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Rabu (11/10/2023) tiba di markas NATO di Brussels, Belgia. Ini adalah kunjungan pertamanya ke aliansi pertahanan itu sejak invasi Rusia.

Zelensky kemudian mendesak para sekutunya meningkatkan pasokan senjata menjelang musim dingin.

Ia meminta sistem pertahanan udara, rudal jarak jauh, dan amunisi di tengah kekhawatiran serangan Hamas terhadap Israel dapat mengalihkan perhatian Amerika Serikat selaku penyokong utama Ukraina.

Baca selengkapnya di sini.

2. AS akan beri paket bantuan militer baru

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin pada Rabu (11/10/2023) mengumumkan paket bantuan militer baru untuk Ukraina senilai 200 juta dollar AS (Rp 3,14 triliun).

“Saya bangga Amerika Serikat akan mengumumkan paket bantuan keamanan terbaru untuk Ukraina senilai 200 juta dollar AS," kata Austin bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat pembukaan pertemuan para pendukung internasional Kyiv di Brussels, Belgia.

Paket tersebut mencakup amunisi pertahanan udara, amunisi artileri dan roket, serta senjata anti-tank, imbuh Austin.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Rusia Serang Permukiman Kherson di Ukraina, Bayi 9 Bulan Jadi Korban

3. Tanggapan NATO jika kebocoran pipa Finlandia-Estonia disengaja

Ketua NATO Jens Stoltenberg pada Rabu (11/10/2023) menjanjikan tanggapan kuat jika benar kerusakan saluran pipa Finlandia-Estonia adalah serangan yang disengaja.

Sehari sebelumnya, Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengatakan bahwa kebocoran yang berujung penutupan pipa gas alam tersebut mungkin disebabkan aktivitas eksternal.

“Yang penting sekarang adalah menetapkan apa yang terjadi dan bagaimana ini bisa terjadi,” kata Stoltenberg saat pertemuan para menteri pertahanan NATO di Brussels, Belgia.

Baca selengkapnya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com