Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS: Mesir Sudah Peringatkan Israel 3 Hari Sebelum Serangan Hamas

Kompas.com - 12/10/2023, 12:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KAIRO, KOMPAS.com - Ketua Komite Urusan Luar Negeri DPR Amerika Serikat (AS) Michael McCaul pada Rabu (11/10/2023) mengatakan, Mesir sudah memperingatkan Israel tiga hari sebelum serangan Hamas.

“Kami ketahui Mesir memperingatkan Israel tiga hari sebelumnya bahwa peristiwa seperti ini bisa terjadi,” kata politisi dari Partai Republik itu kepada wartawan, setelah rapat tertutup intelijen dengan anggota parlemen mengenai krisis tersebut.

“Saya tidak mau terlalu banyak mengungkap (detailnya), tapi sudah diberikan peringatan,” ujarnya, dikutip dari kantor berita AFP. "Saya pikir pertanyaannya adalah pada tingkat apa."

Baca juga: Israel Sebut Ada Kesalahan, Tak Ada Serangan Roket dari Lebanon

Israel mengalami serangan terparah dalam 75 tahun setelah lebih dari 1.500 anggota Hamas menyerbu pembatas keamanan Gaza dalam serangan darat, udara, dan laut yang terkoordinasi saat hari Sabat Yahudi.

Sebelumnya, intelijen Israel tidak pernah gagal mendeteksi Hamas saat menyiapkan dan melancarkan serangan besar karena Jalur Gaza diawasi serta dijaga ketat.

Kabar dari perang Hamas vs Israel terbaru pada Kamis (12/10/2023), korban tewas mencapai 2.200 orang di kedua pihak.

Pasukan Israel mengatakan bahwa 1.200 orang tewas di negaranya dan mayoritas adalah warga sipil.

Sementara itu di Gaza, pihak berwenang setempat melaporkan lebih dari 1.000 orang tewas akibat serangan udara dan artileri yang terus-menerus dilakukan Israel.

Baca juga:

Di Washington, Presiden AS Joe Biden berjanji mengirim lebih banyak amunisi dan perangkat keras militer kepada Israel.

Menurut McCaul, serangan Hamas ke Israel mungkin sudah direncanakan sejak setahun lalu.

"Kami tidak begitu yakin bagaimana kami bisa melewatkannya. Kami tidak yakin bagaimana Israel bisa melewatkannya," ucapnya kepada wartawan.

Adapun Mesir belum memberikan komentar resmi mengenai dugaan pihaknya memberikan peringatan dini kepada Israel.

Namun, sumber-sumber keamanan senior Mesir menyangkal laporan pers Israel bahwa peringatan semacam itu telah dikeluarkan, menurut media Mesir yang memiliki hubungan dekat dengan badan intelijen negara pada Rabu (11/10/2023).

Baca juga: Siapa Hamas dan Mengapa Menyerang Israel?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com