Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-592 Serangan Rusia ke Ukraina: Bayi 9 Bulan Jadi Korban di Kherson | Ukraina Waspadai Musim Dingin

Kompas.com - 09/10/2023, 12:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-592 pada Minggu (8/10/2023).

Ini termasuk, pihak berwenang Kherson di Ukraina selatan melaporkan, penembakan Rusia terhadap daerah pemukiman Kherson telah melukai hampir selusin orang, termasuk bayi berusia sembilan bulan.

Sementara itu, Angkatan Udara Ukraina memperkirakan akan terjadi rekor jumlah serangan pesawat tak berawak atau drone Rusia di wilayahnya pada musim dingin ini.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-591 Serangan Rusia ke Ukraina: Rusia Kirim Gas ke Uzbekistan | Ukraina Serang Urazovo Rusia

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-592 yang dapat Anda simak:

Lusinan orang terluka dalam serangan semalam di Kherson, Ukraina selatan

Pihak berwenang Kherson di Ukraina selatan pada Minggu melaporkan, penembakan Rusia terhadap daerah pemukiman Kherson pada Sabtu (7/10/2023) malam melukai hampir selusin orang, termasuk bayi berusia sembilan bulan.

Ukraina merebut kembali ibu kota regional Kherson pada November 2022, tetapi kota di selatannya masih dalam jangkauan tembakan Rusia.

“Kherson kembali mengalami malam yang mengerikan ketika pasukan Rusia berulang kali menembaki kota dan pemukiman tersebut,” kata gubernur regional Oleksandr Prokudin, dikutip dari AFP.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-590 Serangan Rusia ke Ukraina: Tuduhan Agresi Genosida Rusia | Pendanaan AS untuk Ukraina Simpang Siur

 

Zelensky telepon PM Israel

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara dengan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu pada Minggu untuk menegaskan kembali dukungan Kyiv kepada Israel. 

“Saya berbicara dengan Netanyahu untuk menegaskan solidaritas Ukraina dengan Israel, yang menderita akibat serangan skala besar yang tidak disengaja, dan untuk menyampaikan belasungkawa atas banyak korban,” kata Zelensky di media sosial.

“Perdana Menteri memberi tahu saya tentang situasi saat ini dan tindakan Pasukan Pertahanan Israel serta penegakan hukum untuk menghalau serangan itu,” tambah Zelensky.

Ukraina memperkirakan jumlah serangan drone akan mencapai rekor tertinggi pada musim dingin ini

Angkatan Udara Ukraina memperkirakan akan terjadi rekor jumlah serangan pesawat tak berawak atau drone Rusia di wilayahnya pada musim dingin ini.

Juru bicara Angkatan Udara Ukraina Yuriy Ihnat pada Minggu mengatakan, bahwa data pada bulan September menunjukkan penggunaan drone kamikaze Shahed rancangan Iran oleh Rusia akan melampaui angka tahun lalu.

“Musim gugur dan musim dingin ini sudah menjadi rekor dalam hal jumlah drone Shahed. Lebih dari 500 (digunakan) pada bulan September,” kata Ihnat dalam sebuah wawancara di televisi nasional, dikutip dari Reuters. 

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-589 Serangan Rusia ke Ukraina: 51 Warga Sipil Tewas Diserang Rusia di Kharkiv | Ukraina Hantam Perbatasan Rusia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com