Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Wajibkan Paramiliter Rusia Bersumpah di Depan Bendera Negara

Kompas.com - 26/08/2023, 15:16 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Vladimir Putin pada Jumat (25/8/2023) menandatangani dekrit yang mewajibkan paramiliter Rusua bersumpah di depan bendera negara tersebut.

Putusan ini diteken dua hari setelah pemimpin tentara bayaran Grup Wagner, Yevgeny Prigozhin, dilaporkan tewas.

Dekrit yang dipublikasikan di situs web Kremlin menyatakan, kebijakan ini bertujuan membentuk landasan spiritual dan moral untuk pertahanan Federasi Rusia.

Baca juga: 10 Jenazah dalam Kecelakaan Pesawat Wagner Ditemukan, Identitas Masih Didalami

Aturan ini berlaku bagi anggota formasi sukarelawan--istilah yang biasanya merujuk ke kelompok tentara bayaran--sesuai keputusan tersebut.

Dikutip dari kantor berita AFP, keputusan ini juga berlaku untuk kelompok yang berkontribusi pada pelaksanaan tugas angkatan bersenjata dan unit pertahanan teritorial.

“(Prajurit) harus mengikrarkan kesetiaan mereka kepada Federasi Rusia… secara ketat mengikuti perintah komandan dan atasan mereka, dan dengan sungguh-sungguh memenuhi kewajiban mereka,” bunyi dekrit tersebut.

Baca juga:

Dokumen ini ditandatangani Presiden Vladimir Putin dua bulan setelah Prigozhin memimpin para anak buahnya memberontak melawan petinggi Rusia.

Ketika ditanya tentang masa depan Wagner, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada Jumat (25/8/2023) mengatakan, “Secara hukum kelompok militer swasta Wagner tidak ada.”

Adapun kelompok tentara bayaran secara teknis memang dilarang di Rusia.

Baca juga: Menebak Masa Depan Wagner Setelah Tewasnya Prigozhin

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com