Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2023, 12:21 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - China pada Rabu (7/6/2023) membantah keras keberadaan kantor polisi rahasia di Inggris, setelah London memerintahkan untuk menutupnya.

Menteri Keamanan Inggris Tom Tugendhat pada Selasa (6/6/2023) mengatakan, Pemerintah Inggris meminta Kedutaan Besar China untuk menutup kantor-kantor polisi tersebut setelah kelompok HAM Safeguard Defenders menerbitkan laporan tentang keberadaannya.

Menurut Safeguard Defenders, kantor-kantor polisi China di luar negeri didirikan untuk melayani administrasi, juga untuk memantau komunitas diaspora dan beberapa kali memaksa orang kembali ke China di luar jalur sah.

Baca juga: Inggris Perintahkan China Tutup Kantor Polisi Tidak Resmi

Akan tetapi, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin dalam jumpa pers pada Rabu (7/6/2023) mengatakan kepada wartawan, "Tidak ada yang disebut kantor polisi rahasia."

"China mendesak Inggris untuk menghormati fakta, berhenti melebih-lebihkan dan mencoreng China, dan berhenti menciptakan hambatan bagi hubungan China-Inggris," katanya, dikutip dari kantor berita AFP.

"China selalu mematuhi hukum internasional dengan ketat dan menghormati kedaulatan yudisial semua negara."

Baca juga:

Kementerian Luar Negeri Inggris memberitahu Kedutaan Besar China bahwa fungsi apa pun yang terkait dengan "kantor layanan polisi" semacam itu di Inggris tidak dapat diterima dan tidak boleh beroperasi dalam bentuk apa pun.

Adapun Kedutaan Besar China di London membantah laporan tersebut dan memperingatkan tuduhan palsu yang disebarkan oleh media.

Baca juga: China Dirikan Kantor Polisi di Luar Negeri, Apa Tujuannya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com