Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kapal Terjebak Lagi di Terusan Suez

Kompas.com - 02/02/2023, 10:06 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SUEZ, KOMPAS.com - Peristiwa kapal terjebak di Terusan Suez, Mesir, terjadi lagi pada Rabu (1/2/2023), tetapi tidak memengaruhi lalu lintas jalur air vital tersebut.

"Kerusakan mesin menyebabkan kapal mogok saat melewati Terusan Suez," kata sumber itu kepada AFP tanpa menyebut nama, karena mereka tidak berwenang berbicara kepada media.

"Lalu lintas tidak terganggu dan operasi sedang dilakukan untuk menyelamatkan kapal," lanjutnya.

Baca juga: Kapal Kargo MV Glory Kandas di Terusan Suez, Bawa Jagung dari Ukraina ke China

Dalam beberapa bulan terakhir, dua kapal kandas sebentar di Terusan Suez, memicu kekhawatiran terulangnya insiden besar pada 2021 ketika kapal kontainer raksasa Ever Given terjepit secara diagonal di kanal.

Saat itu, penutupan Terusan Suez menghentikan perdagangan selama hampir seminggu dan menelan biaya miliaran dollar AS karena pengiriman tertunda.

Menurut Otoritas Terusan Suez (SCA), Mesir kehilangan antara 12-15 juta dollar AS (Rp 178,41-223 miliar) setiap hari ketika Terusan Suez ditutup pada 2021.

Sementara itu, perusahaan asuransi memperkirakan bahwa perdagangan maritim global mengalami kerugian miliaran pendapatan per hari.

Baca juga:

Kanal ini diperlebar dan dimodernisasi beberapa kali untuk menampung kapal-kapal baru sejak diresmikan pada 1869.

Menghubungkan Laut Merah dan Mediterania, Terusan Suez menyumbang sekitar 10 persen perdagangan maritim global dan sebagian besar minyak yang diangkut melalui laut.

Terusan Suez adalah sumber mata uang asing yang sangat dibutuhkan Mesir, karena menghasilkan 8 miliar dollar AS (Rp 118,93 triliun) dalam biaya transit pada 2022.

Baca juga: Profil Marwa Elselehdar, Kapten Kapal Perempuan Pertama Mesir yang Disalahkan dalam Insiden Terusan Suez

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com