Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Biden ke Zelensky: Anda Tak Akan Pernah Berdiri Sendiri

Kompas.com - 22/12/2022, 11:06 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Guardian

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Joe Biden telah berjanji kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk tetap setia mendampingi.

"Anda tidak akan pernah berdiri sendiri," kata Biden, ketika pemimpin Ukraina itu mengunjungi Gedung Putih dalam upaya untuk menjaga aliran pasokan senjata Amerika untuk perang melawan Rusia.

Dilansir dari Guardian, Zelensky, yang mengenakan celana dan kemeja gaya militer hijau yang sekarang menjadi ciri khasnya, menyambut baik dukungan AS.

Baca juga: Di Depan Kongres AS, Zelensky Sebut Bantuan AS Bukan Amal tapi Investasi

Meski begitu, dia memperingatkan bahwa sulit untuk melihat akhir yang mudah dari konflik dan yakin bahwa tidak mungkin ada perdamaian yang adil dalam perang yang dipaksakan.

Presiden Ukraina meninggalkan negaranya untuk pertama kalinya sejak Rusia menginvasi 300 hari yang lalu untuk pertemuan di Ruang Oval dan berpidato di depan Kongres pada Rabu (21/12/2022) malam.

Pada konferensi pers setelah pertemuan dua jam tersebut, Biden berulang kali menegaskan komitmen AS terhadap Ukraina.

"Kamu tidak akan pernah berdiri sendiri," katanya. “Karena kami memahami bahwa perjuangan Ukraina adalah bagian dari sesuatu yang jauh lebih besar."

Baca juga: Kunjungan Zelensky ke AS: Biden Desak Solidaritas untuk Ukraina Berlanjut pada 2023

"Rakyat Amerika tahu bahwa jika kita berdiri menghadapi serangan terang-terangan terhadap kebebasan dan demokrasi, dan prinsip-prinsip inti kedaulatan dan integritas wilayah, dunia pasti akan menghadapi konsekuensi yang lebih buruk,” tambah Biden.

AS telah memasok 22 miliar dollar AS bantuan militer ke Ukraina sejak Rusia menginvasi pada bulan Februari.

Sesaat sebelum Zelensky tiba, Gedung Putih mengumumkan bantuan lebih lanjut sebesar 1,85 miliar dollar AS termasuk, untuk pertama kalinya, rudal pertahanan udara Patriot canggih untuk mempertahankan diri dari serangan Rusia yang telah melumpuhkan listrik Ukraina dan infrastruktur lainnya.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-301 Serangan Rusia ke Ukraina, Zelensky Kunjungi AS, Rencana Perluasan Militer Rusia

Zelensky mengatakan dia datang ke Washington untuk berterima kasih kepada AS atas apa yang dia gambarkan sebagai bantuan militer yang penting, juga untuk meminta lebih banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com