Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-301 Serangan Rusia ke Ukraina, Zelensky Kunjungi AS, Rencana Perluasan Militer Rusia

Kompas.com - 22/12/2022, 06:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

KYIV, KOMPAS.com - Memasuki hari ke-301 Serangan Rusia ke Ukraina, peringatan serangan udara terdengar di seluruh bagian Ukraina pada Rabu (21/12/2022), menurut pejabat setempat.

Tidak ada berita langsung tentang gelombang baru serangan Rusia.

Sebuah ledakan merusak pipa pengekspor gas Urengoi-Pomary-Uzhhorod yang mengarah dari Rusia melalui Ukraina. Reuters melaporkan bahwa tiga orang tewas dalam insiden itu.

Ukraina diperingatkan untuk mempersiapkan serangan baru Rusia terhadap infrastruktur energinya.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-300 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Akui Situasi Sangat Sulit, Zelensky Berencana ke AS

Perdana Menteri Denys Shmyhal mengatakan Moskwa ingin Ukraina menghabiskan Natal dan tahun baru dalam kegelapan.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan situasi di empat wilayah Ukraina timur – Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson – yang dianeksasi secara ilegal oleh Moskwa pada September, “sangat sulit”.

Aneksasi ilegal Rusia atas empat wilayah, yang bersama-sama membentuk 15 persen dari Ukraina, menandai pengambilalihan paksa wilayah terbesar di Eropa sejak perang dunia kedua dan dikutuk oleh Kyiv dan sekutu baratnya sebagai ilegal.

Rusia telah mengalami kemunduran akut di wilayah tersebut, menghentikan ambisinya.

Agenda kunjungan Zelensky ke AS

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melakukan perjalanan luar negeri pertamanya sejak perang pecah 300 hari lalu ke Amerika Serikat (AS).

Presiden AS Joe Biden mengonfirmasi kedatangan pemimpin Ukraina itu ke Gedung Putih pada Rabu (21/12/2022) sebelum berpidato di sesi bersama Kongres, "menunjukkan dukungan bipartisan yang kuat untuk Ukraina".

Baca juga: Ukraina Terkini: Pertahanan Perbatasan ke Belarus Diperketat, Waspadai Pertemuan Putin dan Lukashenko

Seorang pejabat senior pemerintah AS membantah bahwa Biden akan menekan Zelensky untuk mengakhiri perang secara diplomatik.

Kunjungan Zelensky ke AS "sangat signifikan" dan akan menyangkal upaya Rusia untuk menunjukkan bahwa hubungan AS-Ukraina sedang "mendingin", kata penasihat presiden Kyiv Mykhailo Podolyak.

Perjalanan presiden Ukraina dan pertemuan dengan timpalannya dari AS akan memberikan kesempatan untuk menjelaskan situasi sebenarnya di Ukraina, senjata apa yang dibutuhkan Kyiv untuk melawan Moskwa, dan mengapa mereka membutuhkannya, kata Podolyak kepada Reuters.

“Aliansi Rusia-China”

Sementara itu, mantan presiden Rusia Dmitry Medvedev melakukan perjalanan mendadak ke Beijing dan mengadakan pembicaraan dengan presiden China Xi Jinping, di mana dia mengatakan mereka membahas konflik Ukraina.

Medvedev, sekarang wakil ketua dewan keamanan Rusia, mengatakan dia dan Xi telah membahas kemitraan strategis "tanpa batas" kedua negara, serta Ukraina.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-299 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Terbang ke Belarus | Kyiv Diserang Drone

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com