Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-298 Serangan Rusia ke Ukraina, Zelensky Usulkan KTT Perdamaian Global, Ibu Kota Kyiv Kembali Diincar

Kompas.com - 19/12/2022, 08:17 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

KOMPAS.com - Memasuki hari ke-298 serangan Rusia ke Ukraina, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengusulkan KTT perdamaian global digelar musim dingin ini.

Hal itu disampaikannya dalam pesan video yang diharapkan Kyiv akan disiarkan sebelum final Piala Dunia di Qatar.

Seorang penasihat presiden Ukraina sementara itu mengatakan "tidak realistis" untuk mengharapkan Kyiv mencapai kesepakatan dengan Rusia untuk mengakhiri perang.

“Perang harus diakhiri hanya dengan kekalahannya (Rusia),” tulis Mykhailo Podolyak di Twitter, mengatakan Ukraina akan bertindak dengan “proporsi artileri, kendaraan lapis baja, drone, dan rudal jarak jauh yang diperlukan”.

Baca juga: Vatikan Meminta Maaf kepada Rusia atas Komentar Paus Fransiskus Soal Pasukan Rusia di Ukraina

Seorang komandan militer Ukraina mengatakan Rusia mungkin mencoba untuk menyerang dari utara. Ini kemungkinan dilakukan sekitar hari peringatan ketika Vladimir Putin pertama kali memerintahkan pasukannya untuk menyerang Ukraina.

Mayor Jenderal Andrii Kovalchuk mengatakan kepada Sky News bahwa pertempuran sengit mungkin akan terjadi dan tampaknya terutama berfokus pada serangan pasukan Rusia melalui Belarusia, di perbatasan utara Ukraina, untuk menargetkan ibu kota.

Listrik Ukraina dipulihkan

Listrik dipulihkan untuk hampir 6 juta warga Ukraina setelah rentetan serangan rudal Rusia hari Jumat (16/12/2022) terhadap infrastruktur negara, termasuk sistem pembangkit listriknya, kata Zelensky.

Wali Kota Kyiv Vitali Klitschko mengatakan di Telegram pada Sabtu (17/12/2022) bahwa panas telah dipulihkan selama tiga perempat penduduk ibu kota dan para insinyur terus bekerja untuk menstabilkan pasokan.

Namun, setengah dari provinsi Kyiv masih kekurangan listrik pada Sabtu (17/12/2022).

Uskup Agung Canterbury Justin Welby, mengatakan invasi Rusia ke Ukraina telah "membuka gerbang neraka", melepaskan kekuatan "setiap kejahatan" di seluruh dunia mulai dari pembunuhan dan pemerkosaan di wilayah pendudukan hingga kelaparan dan utang di Afrika dan Eropa.

Baca juga: 1,2 Juta Orang Rusia Hubungi Layanan Penyerahan Diri ke Ukraina

Putin bertemu dengan jenderalnya

Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan dengan komandan militernya dan meminta proposal mereka tentang bagaimana kampanye Rusia di Ukraina harus dilanjutkan, selama kunjungan ke markas operasi, kata Kremlin.

Dalam pembaruan intelijen terbarunya, Rusia juga mengatakan khawatir tentang "kerentanan" Crimea.

Rusia mengklaim serangan massal terhadap Ukraina pada Jumat (16/12/2022) adalah bagian dari pencegahan pengiriman senjata asing ke Ukraina.

Pada Jumat, "sistem komando militer, kompleks industri militer dan fasilitas energi pendukungnya di Ukraina dihantam dengan serangan massal dengan senjata presisi tinggi", kata kementerian pertahanan Rusia dalam pengarahan hariannya.

Serangan tersebut telah memicu tuduhan kejahatan perang dari sekutu Ukraina.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com