Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari ke-290 Serangan Rusia ke Ukraina, Opsi Penyelesaian Perang, Ledakan di pangkalan udara di Zaporizhzhia

Kompas.com - 11/12/2022, 06:42 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

KYIV, KOMPAS.com - Serangan Rusia ke Ukraina masuk hari ke-290, ledakan dilaporkan di pangkalan udara Berdiansk di wilayah Zaporizhzhia Ukraina. Tiga ledakan besar terdengar, serta yang lebih kecil, di dekat kota yang diduduki Rusia di pantai Laut Azov.

Ukraina mengatakan wilayah selatannya mengalami pemadaman listrik terburuk beberapa hari setelah serangan terbaru Rusia terhadap jaringan energi negara itu.

Kepala operator jaringan Ukraina Ukrenergo Volodymyr Kudrytskyi mengatakan para pekerja untuk memulihkan listrik di wilayah Laut Hitam Odessa, yang terkena dampak parah pada Senin (5/12/2022), dan di sekitar kota Kherson yang baru saja direbut kembali.

Berikut rangkuman peristiwa penting yang terjadi di hari ke-290 Serangan Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Rusia Disebut Ingin Ubah Ukraina Seperti Belarusia

Kemungkinan penyelesaian perang

Vladimir Putin memunculkan pernyataan soal kemungkinan penyelesaian untuk mengakhiri perangnya di Ukraina, sambil tetap mengklaim bahwa "operasi militer khusus" akan sesuai rencana.

"Proses penyelesaian (perang) secara keseluruhan, ya, itu mungkin akan sulit dan akan memakan waktu - tetapi (mungkin) dengan satu atau lain cara, semua peserta dalam proses ini harus setuju dengan kenyataan yang terbentuk di lapangan," kata orang Rusia itu.

Presiden Rusia mengatakan itu pada konferensi pers di Bishkek, Kyrgyzstan. Pernyataannya datang hanya beberapa hari setelah dia mengatakan aksi militer bisa menjadi "proses jangka panjang".

Vladimir Putin mengatakan Rusia dapat mengubah doktrin militernya dengan memperkenalkan kemungkinan serangan pre-emptive untuk melucuti senjata musuh, yang jelas mengacu pada serangan nuklir.

Baca juga: Paus Fransiskus Tak Kuasa Menahan Tangis di Tengah Doa Publik untuk Perdamaian di Ukraina

Itu dikatakannya hanya beberapa hari setelah memperingatkan bahwa risiko perang nuklir meningkat tetapi Rusia tidak akan menyerang lebih dulu.

Putin mengatakan pada Jumat (9/12/2022) bahwa Moskwa sedang mempertimbangkan apakah akan mengadopsi apa yang dia sebut sebagai konsep serangan pre-emptive Washington.

Zona aman di Reaktor Zaporizhzhia

Menteri luar negeri Ukraina mengatakan pemerintahnya bekerja sama dengan pengawas nuklir PBB untuk menciptakan zona aman di sekitar pembangkit nuklir Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia.

Dmytro Kuleba mengatakan pada konferensi pers bersama di Kyiv dengan timpalannya dari Slovakia Rastislav Kacer, bahwa Kyiv tetap "berhubungan dekat" dengan Rafael Grossi, kepala Badan Energi Atom Internasional.

Rusia mengklaim zona aman yang diusulkan di sekitar reaktor Zaporizhzhia adalah untuk "menghentikan penembakan Ukraina."

Juru bicara kementerian luar negeri Rusia Maria Zakharova juga mengatakan penarikan AS dari perjanjian yang melarang rudal nuklir jarak menengah adalah tindakan "merusak" yang menciptakan kekosongan dan memicu risiko keamanan tambahan.

Baca juga: Putin Ungkap Kesepakatan yang Mungkin Diterima Rusia untuk Mengakhiri Perang di Ukraina

Pertukaran tahanan AS Rusia

Presiden Joe Biden mengatakan dia telah berbicara dengan bintang bola basket AS Brittney Griner dan menemukan dia "dalam kondisi semangat yang baik" setelah dibebaskan dari tahanan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com