Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala NATO: Rusia Mundur dari Kherson, Kemenangan bagi Ukraina

Kompas.com - 12/11/2022, 18:53 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

ROMA, KOMPAS.com - Kepala NATO Jens Stoltenberg pada Kamis (10/11/2022) mengatakan, jika benar Rusia mundur dari Kherson, maka itu akan menjadi kemenangan lain bagi Ukraina.

Stoltenberg saat ini masih menunggu bagaimana kelanjutan setelah Rusia mundur dari Kherson.

"Kita harus melihat bagaimana situasi di lapangan berkembang dalam beberapa hari mendatang. Tapi yang jelas adalah Rusia berada di bawah tekanan berat dan jika mereka meninggalkan Kherson, itu akan menjadi kemenangan lain bagi Ukraina," katanya di Roma, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca juga: Spekulasi Seputar Mundurnya Pasukan Rusia dari Kherson: Strategi Tersembunyi atau Kekalahan Nyata

Ukraina pada Kamis (10/11/2022) mengumumkan, pasukannya merebut kembali belasan desa di Kherson selatan, sehari setelah Rusia memerintahkan pasukannya mundur dari kota tersebut.

"Kami melihat bagaimana angkatan bersenjata Ukraina mampu memukul mundur pasukan Rusia dan membebaskan wilayah," lanjut Stoltenberg. "Kemajuan ini milik para prajurit pemberani Ukraina.

"Pada saat yang sama, dukungan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang diberikan oleh sekutu NATO, termasuk Italia, membuat perbedaan di medan perang setiap hari dan tetap penting bagi kemajuan Ukraina."

Baca juga:

Stoltenberg berbicara setelah pembicaraan tatap muka pertamanya dengan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, yang mulai menjabat akhir bulan lalu.

Sekutu pemerintahan Meloni dihuni banyak orang pro-Moskwa, meskipun dia berulang kali menekankan dukungannya untuk Ukraina dan sanksi terhadap Rusia.

Meloni mengemukakan, salah satu prioritasnya adalah memperkuat NATO untuk membuatnya lebih mampu menanggapi ancaman yang datang dari segala arah.

"Aliansi ini sangat diperlukan untuk keamanan dan kemakmuran negara kita," katanya kepada wartawan.

Baca juga: Pasukan Ukraina Rebut Kota Kherson, Warga Menyambut Gembira, Zelensky: Ini Hari Bersejarah

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com