Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Rebut Puluhan Permukiman di Selatan, Pasukan Kyiv Makin Dekat Kota Kherson

Kompas.com - 11/11/2022, 11:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

KYIV, KOMPAS.com – Pasukan Ukraina merebut kembali puluhan permukiman penuh ranjau yang ditinggalkan oleh tentara Rusia di Ukraina selatan.

Pengumuman perebutan puluhan permukiman tersebut disampaikan setelah Moskwa menyatakan penarikan tentaranya dari ibu koya wilayah Kherson, Kota Kherson.

Seorang analis militer menyampaikan, pada Kamis (10/11/022) malam, ada indikasi bahwa pasukan Ukraina semakin dekat ke Kota Kherson, sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: Ukraina Terkini: Pasukan Kyiv Perkuat Posisi di Selatan Selangkah Demi Selangkah

Sementara itu, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara pada Kamis bahwa diperlukan minimal satu pekan bagi Rusia untuk menarik tentaranya dari Kota Kherson.

Reznikov menambahkan, Rusia masih memiliki 40.000 tentara di wilayah tersebut dan informasi intelijen memaparkan bahwa tentara Rusia masih berada di dalam dan sekitar kota.

Pada Rabu (9/11/2022) Rusia mengumumkan pihaknya akan menarik tentaranya dari tepi barat Sungai Dnipro yang mencakup Kota Kherson.

Baca juga: Jenderal Top AS Klaim 100.000 Tentara Rusia Tewas atau Terluka di Ukraina

Kota Kherson adalah satu-satunya ibu kota wilayah yang telah direbut Moskwa sejak menginvasi Ukraina pada Februari.

Reuters melaporkan, penarikan tentara Rusia tersebut merupakan yang ketiga kalinya. Pada Maret, pasukan Ukraina menggagalkan serangan tentara Rusia dari arah utara untuk merebut Ibu Kota Ukraina, Kyiv.

Kemudian pada September, pasukan Ukraina mengusir pasukan pendudukan Rusia dari wilayah timur laut Kharkiv.

Baca juga: Resolusi PBB Akan Desak Rusia Bertanggung Jawab Bayar Ganti Rugi Kehancuran di Ukraina

Wilayah Kherson adalah salah satu dari empat wilayah Ukraina dicaplok oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir September.

Kota Kherson berada dalam jangkauan artileri Ukraina dan patroli pengintaian terdekat Ukraina berjarak kurang dari 18 Kilometer (Km) dari kota, kata analis militer Ukraina Yuri Butusov di aplikasi pesan Telegram.

“Pasukan Ukraina mencoba masuk ke Kherson di pundak musuh yang mundur. Di daerah penyeberangan sungai, di mana pasukan Rusia terkonsentrasi, baku tembak terjadi,” lapor Butusov.

Baca juga: Aktor Sean Penn Pinjamkan Piala Oscarnya ke Zelensky: Kembalikan saat Ukraina Menang dari Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com