Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 20/09/2022, 10:03 WIB
Aditya Jaya Iswara

Editor

Penulis: DW Indonesia

LONDON, KOMPAS.com - Mendiang Ratu Elizabeth II dimakamkan bersama di makam mendiang suaminya, Pangeran Philip, dalam upacara pribadi di Kapel St George di Kastil Windsor.

Pukul 10.30 hari Senin (19/9/2022) barisan State Gun Carriage dari Angkatan laut Inggris, Royal Navy, membawa peti mati ke Westminster Abbey dalam sebuah prosesi khidmat, melewati Parliament Square, di mana anggota angkatan laut, tentara, dan angkatan udara Inggris membentuk barisan Guard of Honor.

Sekitar 400 kepala negara dan pejabat asing menghadiri upacara pemakaman, bersama dengan anggota keluarga kerajaan dan para selebriti undangan.

Baca juga: Ketika Ratu Elizabeth II Datangi Pernikahan Rakyat yang Iseng Mengundangnya...

Selama lima hari terakhir, puluhan ribu orang telah mengantre berjam-jam di lokasi jenazah ratu disemayamkam, untuk memberikan penghormatan terakhir.

Anggota keluarga kerajaan tiba di Westminster Abbey diiringi tepuk tangan dari orang-orang yang berjajar di jalan-jalan. Raja Charles III tiba bersama Pangeran William dan Harry, diikuti oleh permaisuri dan oleh Putri Wales dengan mobil terpisah.

Raja Charles III diiringi kedua putranya di Westminster Abbey.IMAGO/STEPHEN LOCK via DW INDONESIA Raja Charles III diiringi kedua putranya di Westminster Abbey.
Para pemimpin dunia tiba di Westminster Abbey

Deretan mantan perdana menteri Inggris telah tiba di Westminster Abbey menjelang upacara pemakaman, yaitu John Major, Tony Blair, Gordon Brown dan Boris Johnson. Kedatangan mereka diikuti oleh Perdana Menteri baru Inggris Liz Truss.

Kemudian para perdana menteri kerajaan juga sudah tiba, di antaranya, PM Justin Trudeau dari Kanada.

Para pemimpin dan raja dari seluruh dunia juga berdatangan di Westminster Abbey untuk menghadiri upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II.

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako sebelumnya sudah mengonfirmasi kehadiran mereka.

Di antara keluarga kerajaan Eropa, hadir Raja Harald dari Norwegia, Raja Willem-Alexander dari Belanda, Raja Carl dari Swedia, Raja Philippe dari Belgia, Raja Felipe dari Spanyol, Ratu Margrethe dari Denmark dan Pangeran Albert dari Monako.

Baca juga:

Putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman juga diundang ke pemakaman tetapi tidak akan hadir. Presiden AS Joe Biden dan istrinya, Jill Biden hadir, keluarga ini kemarin telah memberi penghormatan di tempat mendiang Ratu Elizabeth II disemayamkan.

Bendera setengah tiang berkibar di Jerman

Kementerian Dalam Negeri Jerman menyatakan, bendera di gedung-gedung publik akan dikibarkan setengah tiang untuk menandai pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II. Menteri Dalam Negeri Nancy Faeser mengatakan, semua otoritas federal harus mengikutinya.

Sebuah twit dari Kementerian Dalam Negeri memasang tagar "Istirahat dalam Damai" bersama dengan gambar ratu yang telah meninggal.

Sementara itu, puluhan ribu orang telah melakukan perjalanan ke London dan berbaris di jalan-jalan untuk memberikan penghormatan. Orang-orang mendirikan kemah di tepi jalan-jalan London menjelang prosesi pemakaman itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com