Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti 25 Tahun Lalu, William dan Harry Bersatu Saat Pemakaman Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 20/09/2022, 09:01 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran William dan Harry berjalan bersama di belakang peti mati Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9/2022), persis seperti 25 tahun lalu saat pemakaman ibu mereka, Putri Diana.

William dan Harry berjalan bersama istri mereka masing-masing yaitu Kate Middleton dan Meghan Markle.

Kedua bersaudara tersebut melakukan tugas mereka, berjalan berdampingan di belakang ayahnya yaitu Raja Charles III dan anggota senior keluarga kerajaan lainnya saat peti mati nenek mereka dibawa ke Westminster Abbey.

Baca juga: Momen 8 Cucu Ratu Elizabeth Menjaga Peti Bersama, dengan Harry Diizinkan Gunakan Seragam Militer

William mengenakan seragam militer, sedangkan Harry yang dilarang melakukannya sejak keluar dari tugas kerajaan memakai setelan jas dengan pin medali.

Dikutip dari kantor berita AFP, saat peti mati Ratu Elizabeth II dibawa ke Westminster Abbey, Harry berdiri dengan mata tertunduk ketika anggota keluarga lainnya yang berseragam militer memberi hormat.

William pekan lalu berkata di hadapan para pelayat, berjalan di belakang peti mati Ratu Elizabeth II saat dibawa untuk disemayamkan pada Rabu (14/9/2022) membawa kembali kenangan pemakaman ibunya ketika dia berusia 15 tahun.

Di pintu masuk biara, William dan Harry yang dulu begitu dekat ditemani istri mereka serta dua anak tertua William dan Kate, yaitu Pangeran George (9) dan Putri Charlotte (7).

Kate yang baru ditunjuk sebagai Princess of Wales sama seperti Putri Diana sebelumnya, mengenakan ansambel hitam dengan topi bertepi lebar dan rambut panjangnya disanggul rendah.

Aksesorisnya dilengkapi kalung mutiara tiga tali dan anting-anting yang merupakan bagian dari koleksi perhiasan ratu.

Meghan sementara itu mengenakan gaun hitam dan topi bertepi lebar.

Kiri ke kanan: Meghan Duchess of Sussex, Permaisuri Inggris Camilla, Pangeran George anak Pangeran William Prince of Wales, dan Catherine atau Kate Middleton istri Pangeran William, saat menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey, London, Senin (19/9/2022).AFP/OLI SCARFF Kiri ke kanan: Meghan Duchess of Sussex, Permaisuri Inggris Camilla, Pangeran George anak Pangeran William Prince of Wales, dan Catherine atau Kate Middleton istri Pangeran William, saat menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey, London, Senin (19/9/2022).
Baca juga:

Mereka berempat, yang sebelum bertikai dipandang sebagai masa depan Kerajaan Inggris, tidak melakukan kontak mata saat berjalan di lorong di belakang peti mati dan duduk terpisah.

William dan keluarganya duduk di bangku depan bersama ayah dan saudara-saudaranya Anne, Andrew, serta Edward.

Harry dan Meghan, yang dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex, duduk di baris kedua tepat di belakang permaisuri raja dan ratu bersama sepupunya, Putri Beatrice.

Ada spekulasi Harry akan diizinkan mengenakan seragam militer untuk pemakaman setelah dia memakai seragam resimen kavaleri Blues and Royals saat berjaga di samping peti mati ratu pada Sabtu (17/9/2022) malam.

Namun, tampaknya itu dispensasi terakhir yang diberikan Raja Charles III kepadanya dan Meghan.

Dua hari setelah kematian Ratu Elizabeth II, harapan publik untuk mengakhiri keretakan meningkat ketika kedua pasangan itu muncul untuk berjalan-jalan dadakan di luar Kastil Windsor.

Akan tetapi, sumber-sumber mengatakan kepada Daily Mail bahwa sejauh ini "tidak ada pemulihan hubungan yang berarti."

Baca juga: Akankah Pangeran William dan Harry Akur Lagi Usai Ratu Elizabeth II Wafat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com