Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Serba-serbi Pemakaman Ratu Elizabeth II, dari Tradisi dan Sejarahnya

Kompas.com - 19/09/2022, 16:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Pemakaman Ratu Elizabeth II digelar pada Senin (19/9/2022) dengan berbagai macam prosesi khas Kerajaan Inggris.

Peti mati Ratu Elizabeth II akan dibawa dari Westminster Abbey di London ke tempat pemakamannya di Windsor.

Baca juga: Lini Masa 8,5 Jam Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah lima serba-serbi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Baca juga: Link Live Streaming Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

1. Diangkut oleh Royal Navy

Westminster AbbeyUnplash/Peter Kostov Westminster Abbey
Anggota Angkatan Laut Kerajaan Inggris atau Royal Navy akan menggunakan tali untuk menarik peti mati ratu yang dipasang di kereta meriam dari Westminster Hall ke Westminster Abbey.

Mereka tergabung dalam tim yang terdiri dari 142 pelaut, akan berjalan bersama juga berhenti berbarengan jika perlu.

Tradisi ini berawal dari pemakaman Ratu Victoria pada Februari 1901.

Saat itu kuda-kuda yang ditujukan mengangkut kereta meriam seberat lebih dari dua ton panik dan menendang-nendang, sehingga peti mati terancam jatuh.

Salah satu kerabat Ratu Victoria yaitu Pangeran Louis dari Battenberg yang merupakan kapten Angkatan Laut Kerajaan lalu menyarankan kepada raja baru, Edward VII, bahwa masalah ini dapat dihindari dengan mengganti kuda dengan pelaut.

Sembilan tahun kemudian ketika Edward VII sendiri meninggal, ide ini dipraktikkan dan sejak itu menjadi tradisi yang tidak berubah di pemakaman kenegaraan.

2. Pembawa peti jenazah mengenakan topi kulit beruang

1st Battalion of Grenadier Guards, salah satu resimen tentara kerajaan Inggris.THE HOUSEHOLD DIVISION 1st Battalion of Grenadier Guards, salah satu resimen tentara kerajaan Inggris.
Sebanyak delapan tentara Kerajaan Inggris dari 1st Battalion of Grenadier Guards akan bertugas membawa peti mati ratu dari Westminster Hall ke kereta meriam di luar, kemudian ke Westminster Abbey.

1st Battalion of Grenadier Guards adalah satu yang paling kuno di tentara Kerajaan Inggris. Resimen ini satu di antara lima infanteri yang membentuk Pengawal Hidup Ratu (sekarang Raja).

Prajurit resimen biasanya mengenakan topi kulit beruang yang tinggi. Seragam ini ditiru dari Pengawal Kerajaan Napoleon yang dikalahkan di Waterloo pada 1815.

Para prajurit akan didampingi oleh Service Equerries kepada Ratu, yaitu pelayan yang membantu para keluarga kerajaan dalam menjalankan tugas-tugas publik.

Baca juga:

3. Guard of Honor

Yeomen of the Guard, unit militer tertua di Angkatan Darat Inggris yang didirikan pada 1485.UK HOUSE OF LORDS via WIKIMEDIA COMMONS Yeomen of the Guard, unit militer tertua di Angkatan Darat Inggris yang didirikan pada 1485.
Sebanyak tiga resimen akan berperan penting dalam prosesi ini, berbaris sangat dekat dengan peti mati ratu.

Yeomen of the Guard sebagai unit militer tertua di Angkatan Darat Inggris yang didirikan pada 1485 dan Honorable Corps of Gentlemen at Arms adalah dua mantan unit pengawal keluarga kerajaan yang sekarang hanya melakukan peran seremonial.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com