Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Serba-serbi Pemakaman Ratu Elizabeth II, dari Tradisi dan Sejarahnya

Peti mati Ratu Elizabeth II akan dibawa dari Westminster Abbey di London ke tempat pemakamannya di Windsor.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah lima serba-serbi pemakaman Ratu Elizabeth II.

Mereka tergabung dalam tim yang terdiri dari 142 pelaut, akan berjalan bersama juga berhenti berbarengan jika perlu.

Tradisi ini berawal dari pemakaman Ratu Victoria pada Februari 1901.

Saat itu kuda-kuda yang ditujukan mengangkut kereta meriam seberat lebih dari dua ton panik dan menendang-nendang, sehingga peti mati terancam jatuh.

Salah satu kerabat Ratu Victoria yaitu Pangeran Louis dari Battenberg yang merupakan kapten Angkatan Laut Kerajaan lalu menyarankan kepada raja baru, Edward VII, bahwa masalah ini dapat dihindari dengan mengganti kuda dengan pelaut.

Sembilan tahun kemudian ketika Edward VII sendiri meninggal, ide ini dipraktikkan dan sejak itu menjadi tradisi yang tidak berubah di pemakaman kenegaraan.

1st Battalion of Grenadier Guards adalah satu yang paling kuno di tentara Kerajaan Inggris. Resimen ini satu di antara lima infanteri yang membentuk Pengawal Hidup Ratu (sekarang Raja).

Prajurit resimen biasanya mengenakan topi kulit beruang yang tinggi. Seragam ini ditiru dari Pengawal Kerajaan Napoleon yang dikalahkan di Waterloo pada 1815.

Para prajurit akan didampingi oleh Service Equerries kepada Ratu, yaitu pelayan yang membantu para keluarga kerajaan dalam menjalankan tugas-tugas publik.

Yeomen of the Guard sebagai unit militer tertua di Angkatan Darat Inggris yang didirikan pada 1485 dan Honorable Corps of Gentlemen at Arms adalah dua mantan unit pengawal keluarga kerajaan yang sekarang hanya melakukan peran seremonial.

Yeomen selalu mengenakan seragam merah dan emas yang berasal dari era Tudor (abad ke-16).

Salah satu kegiatan mereka yang paling terkenal adalah peragaan mencari mesiu di Istana Westminster sebelum Pembukaan Parlemen Negara.

Ritual tahunan ini untuk memperingati Plot Bubuk Mesiu, upaya gagal yang dipimpin Guy Fawkes untuk meledakkan parlemen dan Raja James I di dalamnya pada 1605.

Beberapa detasemen dari resimen lain di Inggris dan angkatan bersenjata Persemakmuran akan bergabung dengan prosesi pemakaman dari Westminster Abbey ke Wellington Arch di Hyde Park Corner dekat Istana Buckingham.

Di depan mereka akan ada peniup musik dan penabuh drum dari resimen Skotlandia serta Irlandia, juga Brigade Gurkha yang terdiri dari tentara Nepal yang merupakan bagian dari angkatan bersenjata. Juga bakal ada 200 musisi Royal Air Force.

  • Mengenal Westminster Hall, Lokasi Persemayaman Ratu Elizabeth II
  • Apa Itu Westminster Abbey dan Sejarahnya dengan Ratu Elizabeth II

5. 6.000 tentara

Sekitar 6.000 tentara, pelaut, dan awak pesawat dari angkatan bersenjata Inggris akan ambil bagian dalam pemakaman Ratu Elizabeth II, kata Kepala Staf Pertahanan Laksamana Tony Radakin kepada BBC, Minggu (18/9/2022).

Di beberapa titik di sepanjang rute mereka akan melakukan salam penghormatan, misalnya saat melewati Victoria Memorial untuk mengenang sang ratu.

"Bagi kita semua, ini adalah tugas terakhir kami untuk Yang Mulia Ratu dan ini tugas utama pertama kami untuk Yang Mulia Raja Charles," katanya.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/19/163500770/5-serba-serbi-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-dari-tradisi-dan-sejarahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke