Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Indonesian Insight Kompas
Kelindan arsip, data, analisis, dan peristiwa

Arsip Kompas berkelindan dengan olah data, analisis, dan atau peristiwa kenyataan hari ini membangun sebuah cerita. Masa lalu dan masa kini tak pernah benar-benar terputus. Ikhtiar Kompas.com menyongsong masa depan berbekal catatan hingga hari ini, termasuk dari kekayaan Arsip Kompas.

Lini Masa 8,5 Jam Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 19/09/2022, 16:33 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

RATU Elizabeth II meninggal pada Kamis (8/9/2022) di usia 96 tahun, dengan 70 tahun bertakhta di Kerajaan Inggris. Pemakamannya digelar pada Senin (19/9/2022), lewat prosesi pemakaman terjadwal sepanjang 8,5 jam, di London dan WIndsor.

Terlahir dengan nama Elizabeth Alexandra Mary Windsor, Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Kastil Windsor (Windsor Castle), tepatnya di King George VI Memorial Chapel. Makam Ratu Elizabeth II akan bersebelahan dengan mendiang suaminya, Pangeran Philip, yang lebih dahulu meninggal pada Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Rekam Jejak 70 Tahun Ratu Elizabeth II Bertakhta

Rangkaian prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II akan dimulai pada pukul 11.00 waktu London (GMT+1), atau pukul 17.00 WIB. Prosesi pertama akan berpusat di Westminster, yaitu dari Gedung Parlemen (Westminster Hall) dan Westminster Abbey, tempat dia 69 tahun silam dimahkotai.

Ratu Elizabeth II menduduki takhta kerajaan Inggris sejak 6 Februari 1952, yaitu tepat setelah ayahnya, Raja George VI, meninggal. Namun, mahkota kerajaan baru disematkan kepadanya pada 2 Juni 1953 di Westminster Abbey.

Baca juga: Westminster Abbey, Lokasi Pernikahan Ratu Elizabeth II, Pemahkotaan, dan Pemakaman

Menjadi lokasi penyematan mahkota Ratu Elizabeth II, Westminster Abbey kini akan menjadi lokasi upacara kenegaraan untuk pemakamannya, sebelum pelepasan jenazah dari London menuju Windsor di Wellington Arch.

Meski prosesi pemakaman baru dimulai pada pukul 11.00 waktu setempat, penghormatan publik kepada jenazah Ratu Elizabeth II di Westminster Hall telah ditutup sejak pukul 06.30 waktu London (BST) atau 12.30 WIB. Merujuk AFP, antrean penghormatan terakhir bagi sang ratu tak berhenti sepanjang malam hingga pintu gedung ditutup untuk itu.

Baca juga: 70 Tahun Takhta Ratu Elizabeth II dan Kepemimpinan Terlama sejak Abad ke-17

Sederet kepala negara, termasuk Presiden Amerika Serikat Joe Biden dijadwalkan menghadiri prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Namun, prosesi terakhir pemakaman Ratu Elizabeth II akan digelar tertutup dan hanya dihadiri oleh Raja Charles III dan anggota keluarga senior kerajaan.

Berikut ini lini masa dalam tampilan visual untuk prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II yang akan berlangsung selama 8,5 jam:

AFP, KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI Lini masa 8,5 jam prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II

 

Naskah: KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com