Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Hadapi Masalah Keamanan Terbesar dalam Pemakaman Ratu Elizabeth

Kompas.com - 17/09/2022, 12:01 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

LONDON, KOMPAS.com - Kepala polisi mengatakan operasi mereka untuk pemakaman Ratu Elizabeth II akan menjadi yang terbesar, dengan lebih dari 10.000 petugas bertekad menggagalkan segala upaya untuk mengganggu atau mengeksploitasi acara tersebut.

Ratusan ribu orang diperkirakan akan berbaris di rute pemakaman melalui pusat kota London, dan kemudian di Windsor, Berkshire, tempat mendiang Ratu akan dimakamkan, dan rute di antaranya.

Wakil asisten komisaris polisi Metropolitan Stuart Cundy mengatakan para komandan memiliki rencana untuk menggagalkan atau menangani segala upaya serangan atau gangguan.

Baca juga: David Beckham Antre 13 Jam Lihat Peti Mati Ratu Elizabeth II, Menitikkan Air Mata Saat Beri Penghormatan

Sekitar 300 pejabat asing diharapkan, memicu operasi perlindungan pribadi terbesar yang dilakukan oleh kepolisian Inggris.

Cundy mengatakan "skala dan kompleksitas" kepolisian pemakaman sangat besar, dengan petugas yang direkrut dari pasukan di seluruh negeri, sehingga polisi metropolitan Inggris (Met) dapat mengelola pemakaman dan tuntutan lainnya di seluruh ibukota.

"Ini akan menjadi pengerahan tunggal terbesar petugas polisi pada Senin (19/9/2022) dalam operasi yang pernah dilakukan polisi Metropolitan,” kata Cundy sebagaimana dilansir Guardian pada Jumat (16/9/2022)

Lebih lanjut menurutnya, sebagai acara tunggal ini lebih besar dari Olimpiade 2012, dan lebih besar dari akhir pekan jubilee platinum.

Dia menolak untuk memberikan angka, tetapi dalam wawancara terpisah komisaris Met, Sir Mark Rowley mengatakan lebih banyak petugas akan terlibat dalam mengawasi hari pemakaman.

Jumlah aparat yang dikerahkan akan lebih besar dari pasukan terbesar kedua di Inggris, polisi West Midlands, yang berjumlah 7.579 petugas.

Petugas keamanan mengambil posisi di atap Parlemen Skotlandia saat peti mati Ratu Elizabeth II dimakamkan di Katedral St Giles di Edinburgh, Skotlandia, Selasa, 13 September 2022.AP PHOTO/SCOTT HEPPELL Petugas keamanan mengambil posisi di atap Parlemen Skotlandia saat peti mati Ratu Elizabeth II dimakamkan di Katedral St Giles di Edinburgh, Skotlandia, Selasa, 13 September 2022.

Baca juga: Meski Diundang, Delegasi China Dilarang Ikut Tradisi Lying-In-State Ratu Elizabeth II

"Jumlah petugas yang dikerahkan sedang menuju ke titik di mana itu akan jauh melampaui ukuran total kekuatan seperti West Midlands atau Greater Manchester - itu akan menuju ke jumlah ribuan petugas yang dikerahkan," kata Rowley.

Untuk Olimpiade London 2012, angka dari kepala polisi menunjukkan, sekitar 9.500 petugas dikerahkan di ibu kota saja.

Untuk pemakaman Ratu, pasukan Met dan Thames Valley sama-sama melakukan pengerahan terbesar mereka dalam satu hari, mengingat kesalahan apapun akan menyebabkan kritik yang merusak pada saat hari berkabung nasional.

Cundy mengatakan rencana untuk acara besar seperti itu selalu berkembang, dan serangan penusukan terhadap dua petugas pada Jumat (16/9/2022) pagi akan menjadi perhitungan.

“Jadi terkait penusukan terhadap dua petugas di pusat kota London, kami tidak percaya terkait teror atau terkait dengan peristiwa seputar kematian Yang Mulia Ratu, kami akan memeriksanya, kami akan melihat rencana kepolisian kami. ”

Dia menambahkan: "Itu mendorong perlunya fokus yang tajam untuk semua petugas yang bertugas, anggota masyarakat ... untuk menjaga kewaspadaan itu .."

Baca juga: Siapa Saja yang Dipastikan Tak Diundang di Pemakaman Ratu Elizabeth II?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com