Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2022, 19:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

SPARKS, KOMPAS.com - Wanita di Kota Sparks, Negara Bagian Nevada, Amerika Serikat (AS), tak sengaja membeli 84 rumah karena kesalahan copy-paste di dokumen.

Akibat petugas salah menekan tombol, perempuan yang niatnya hanya membeli satu rumah ini jadi memborong semua hunian di kompleks tersebut ditambah dua ruang bersama, sehingga totalnya 86 properti.

Menurut media Reno Gazette Journal, kesalahan administratif ini membuat perempuan tersebut hanya perlu membayar 594.481 dollar AS (Rp 8,7 miliar) sesuai harga satu rumah yang dia beli.

Baca juga: Ingin Balas Dendam Bakar Rumah Mantan Pacar, Malah Salah Bakar Rumah Orang Lain

“Tampaknya Westminster Title (sejenis notaris/PPAT) dari Las Vegas mungkin meng-copy dan paste deskripsi hukum dari transfer (pengembang) Toll Brothers lainnya saat menyiapkan akta (pembeli rumah) untuk dicatat,” kata wakil kepala asesor permukiman Washoe County, Cori Burke, dikutip dari New York Post pada Jumat (12/8/2022).

Kesalahannya langsung disadari petugas karena bernilai sangat besar, tetapi dampaknya sudah telanjur terjadi.

“Karena sangat jelas kesalahan telah dibuat, divisi layanan asesor kami langsung menghubungi Westminster Title sehingga mereka dapat memperbaiki rantai kepemilikan 86 properti yang ditransfer karena kesalahan,” lanjut Burke.

Baca juga:

Kesalahan copy-paste seperti itu, ternyata, dilaporkan cukup sering terjadi tetapi jarang melibatkan begitu banyak properti.

"Khusus kasus ini yang sedikit lebih menarik karena banyaknya jumlah yang terlibat," lanjut Burke.

Memperbaiki kesalahan penjualan tanah akan cukup memusingkan, dan mengharuskan pembeli rumah mengembalikan hak milik kepada Toll Brothers sebagai pengembang, yang kemudian akan mentransfernya ke pemilik properti baru melalui cara biasa.

Baca juga: Tabrakan Hebat, Lamborghini di AS sampai Terbang ke Atap Rumah

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com