Kompas.com - 14/08/2022, 19:45 WIB

SPARKS, KOMPAS.com - Wanita di Kota Sparks, Negara Bagian Nevada, Amerika Serikat (AS), tak sengaja membeli 84 rumah karena kesalahan copy-paste di dokumen.

Akibat petugas salah menekan tombol, perempuan yang niatnya hanya membeli satu rumah ini jadi memborong semua hunian di kompleks tersebut ditambah dua ruang bersama, sehingga totalnya 86 properti.

Menurut media Reno Gazette Journal, kesalahan administratif ini membuat perempuan tersebut hanya perlu membayar 594.481 dollar AS (Rp 8,7 miliar) sesuai harga satu rumah yang dia beli.

Baca juga: Ingin Balas Dendam Bakar Rumah Mantan Pacar, Malah Salah Bakar Rumah Orang Lain

“Tampaknya Westminster Title (sejenis notaris/PPAT) dari Las Vegas mungkin meng-copy dan paste deskripsi hukum dari transfer (pengembang) Toll Brothers lainnya saat menyiapkan akta (pembeli rumah) untuk dicatat,” kata wakil kepala asesor permukiman Washoe County, Cori Burke, dikutip dari New York Post pada Jumat (12/8/2022).

Kesalahannya langsung disadari petugas karena bernilai sangat besar, tetapi dampaknya sudah telanjur terjadi.

“Karena sangat jelas kesalahan telah dibuat, divisi layanan asesor kami langsung menghubungi Westminster Title sehingga mereka dapat memperbaiki rantai kepemilikan 86 properti yang ditransfer karena kesalahan,” lanjut Burke.

Baca juga:

Kesalahan copy-paste seperti itu, ternyata, dilaporkan cukup sering terjadi tetapi jarang melibatkan begitu banyak properti.

"Khusus kasus ini yang sedikit lebih menarik karena banyaknya jumlah yang terlibat," lanjut Burke.

Memperbaiki kesalahan penjualan tanah akan cukup memusingkan, dan mengharuskan pembeli rumah mengembalikan hak milik kepada Toll Brothers sebagai pengembang, yang kemudian akan mentransfernya ke pemilik properti baru melalui cara biasa.

Baca juga: Tabrakan Hebat, Lamborghini di AS sampai Terbang ke Atap Rumah

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.