Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik 10.000 Rumah di Satu Kota Tiba-tiba Terputus, Petugas Temukan Ular dalam Gardu

Kompas.com - 06/07/2022, 15:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

TOKYO, KOMPAS.com - Seekor ular terpanggang setelah merayap ke gardu listrik di Jepang, dan kemudian membuat 10.000 orang rumah mengalami pemadaman listrik sebagai akibatnya.

Pemadaman listrik melanda Kota Koriyama, di Prefektur Fukushima Jepang, pada 29 Juni saat wilayah itu terik selama bagian terpanas hari itu pada pukul 14.10 waktu setempat.

Baca juga: Rahul Sahu, Bocah India Terperangkap di Sumur Selama 4 Hari, Penyelamatan Terhambat Ular dan Kalajengking

Penyelidik dari perusahaan Tenaga Listrik Tohoku melacak penyebab pemadaman misterius ke gardu induk di dalam kota, dan menemukan sisa-sisa ular yang hangus di dalam beberapa mesin.

Rincian tentang jenis ular apa itu belum dirilis, tetapi reptil itu masih terbakar setelah bersentuhan dengan kabel listrik.

Dilansir dari Newsweek pada Selasa (5/7/2022), asap yang dihasilkan memicu alarm, dengan enam truk pemadam kebakaran berlomba ke tempat kejadian.

Korsleting memicu penutupan fasilitas secara langsung dan otomatis untuk alasan keamanan.

Butuh waktu sekitar satu jam untuk mengembalikan listrik ke 10.000 rumah dan bisnis.

Warga mengeluh di media sosial karena tidak bisa menyalakan pendingin saat udara di "Negeri Sakura" mencapai suhu terpanasnya.

Beberapa bisnis lokal mengatakan mereka terpaksa tutup. Seorang tukang cukur yang mengatakan tempatnya menjadi terlalu panas untuk bekerja dengan aman dan menyambut pelanggan.

Suhu di Jepang telah mencapai 26 derajat Celsius di Kota Koriyama baru-baru ini, menurut ahli meteorologi di World Weather Online.

Pada Senin (4/7/2022), suhu maksimum yang dirasakan warga mencapai 89 derajat Fahrenhait (31 derajajat Celsius).

Baca juga: Sensor Mobil Rusak, Setelah Kap Dibuka Ada Ular Piton Besar di Dalamnya

Berita tentang ular itu memicu banyak minat di media sosial. Beberapa mengungkapkan keterkejutan betapa mudahnya seekor ular berhasil melumpuhkan fasilitas listrik kota.

Newsweek yang melaporkan berita ini menghubungi perusahaan Tohoku Electric Power untuk informasi lebih lanjut.

Situs berita berbahasa Inggris Japan Today mengutip seorang penduduk yang mengatakan: "Sangat mudah untuk menutup infrastruktur penting yang sangat diperlukan untuk kehidupan kita."

Sementara yang lain menambahkan: "Jika disambar petir atau sesuatu, saya akan mengerti, tetapi ular? Mereka harus lebih terlindungi."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com