Kompas.com - 14/08/2022, 16:45 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Dokumen pengadilan yang dibuka pada Jumat (12/8/2022) menunjukkan FBI menyita sejumlah dokumen sangat rahasia dalam penggerebekan di rumah mantan Presiden Donald Trump di Florida.

Saat menggeledah rumah Trump, FBI menemukan sejumlah dokumen sangat rahasia berlabel Top Secret, Secret, dan Confidential.

Namun, bukan kali ini saja Trump dituduh menyalahgunakan informasi rahasia Amerika Serikat (AS).

Baca juga: FBI Sita Dokumen Bertanda Top Secret di Rumah Donald Trump

Dikutip dari kantor berita AFP, sudah enam kali Trump mengumbar rahasia negara Amerika.

Daftar barang yang disita FBI setelah menggeledah rumah mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Mar-a-Lago, Palm Beach, negara bagian Florida, Senin (8/8/2022). Daftar ini difoto pada Jumat (12/8/2022).AP PHOTO/JON ELSWICK Daftar barang yang disita FBI setelah menggeledah rumah mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Mar-a-Lago, Palm Beach, negara bagian Florida, Senin (8/8/2022). Daftar ini difoto pada Jumat (12/8/2022).
1. Situs rudal Iran

Sebagai presiden, Trump memiliki wewenang mendeklasifikasi informasi secara sepihak. Namun, beberapa tindakannya mengejutkan intelijen AS.

Pada 30 Agustus 2019, dia mengunggah twit yang diyakini gambar resolusi tinggi rahasia dari situs peluncuran roket Iran.

"Amerika Serikat tidak terlibat dalam kecelakaan bencana selama persiapan peluncuran akhir untuk Peluncuran Safir (Kendaraan Peluncur Luar Angkasa) di Situs Peluncuran Semnan Satu di Iran," tulis Trump.

2. Informasi dari Israel

Pada 10 Mei 2017, Trump bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Duta Besar Rusia Sergey Kislyak di Oval Office Gedung Putih.

Dalam pertemuan itu, Trump memberitahu kedua orang Rusia tersebut tentang informasi yang diterima Amerika Serikat dari sekutu Timur Tengahnya mengenai rencana ISIS.

Informasi yang sangat rahasia ini ternyata berasal dari Israel, yang kecewa dengan pengungkapan tersebut, menurut laporan media.

Baca juga: Kenapa Israel dan Amerika Serikat Berhubungan Baik?

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.