Kompas.com - 14/08/2022, 06:29 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Personel Taliban dilaporkan memukuli pengunjuk rasa perempuan dan melepaskan tembakan ke udara saat membubarkan “rapat umum” yang jarang terjadi di ibu kota Afghanistan, Kabul pada Sabtu (13/8/2022).

Peristiwa ini terjadi dua hari sebelum ulang tahun pertama Taliban kembali berkuasa di Afghanistan.

Sekitar 40 perempuan yang berbaris di Kementerian Pendidikan Afghanistan di Kabul, meneriakkan “roti, pekerjaan, dan kebebasan”.

Baca juga: Ulama Berpengaruh Taliban Tewas dalam Serangan Bom di Kantornya

Terlepas dari janji yang dibuat ketika merebut kembali kekuasaan pada 15 Agustus 2021, Taliban telah membatasi hak-hak perempuan Afghanistan, termasuk melarang siswa perempuan sekolah menengah atas.

Diberitakan AFP, beberapa pengunjuk rasa perempuan yang berlindung di toko-toko terdekat dikejar dan dipukuli oleh pejuang Taliban dengan popor senapan mereka.

Para pengunjuk rasa membawa spanduk bertuliskan "15 Agustus adalah hari hitam" mengacu pada peringatan yang akan datang, saat mereka menuntut hak untuk bekerja dan partisipasi politik.

"Keadilan, keadilan. Kami muak dengan ketidaktahuan," teriak para pengunjuk rasa sebelum mereka bubar.

“Sayangnya, Taliban dari dinas intelijen datang dan menembak ke udara,” kata Zholia Parsi, salah satu penyelenggara pawai.

“Mereka membubarkan gadis-gadis itu, merobek spanduk kami dan menyita ponsel banyak gadis,” tambahnya.

Baca juga:

Beberapa wartawan yang meliput unjuk rasa perempuan pertama dalam beberapa bulan terakhir tersebut, juga dilaporkan dipukuli oleh para personel Taliban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.